PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DISKRIT MELALUI DISCOVERY LEARNING

  • Sri Suryanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri serta kemampuan pemecahan  masalah  mahasiswa  prodi  pendidikan  matematika  pada  mata  kuliah matematika  diskrit.  Mata  kuliah  Matematika  Diskrit  lebih  banyak  berisi  penerapan pemecahan  masalah,  akan  tetapi  pada  kenyataannya  kemampuan  mahasiswa  dalam memecahkan  masalah  masih  kurang,  selain  itu  subjek  dalam  penelitian  ini  yaitu mahasiswa  semester  empat  tahun  akademik  2014/2015  prodi  Pendidikan  Matematika mempunyai  kepercayaan  diri  yang  rendah,  terutama  dalam  memecahkan  masalah matematika yang lebih kompleks, sehingga diperlukan desain pembelajaran yang dapat meningkatkan  kepercayaan  diri  serta  kemampuan  mahasiswa  dalam  memecahkan
masalah.  Jenis  penelitian  ini  adalah  PTK  (Penelitian  Tindakan  Kelas)  dengan  5  siklus melalui  kegiatan  Lesson  Study.  Hasil  penelitian  menunjukkan  pembelajaran  discovery learning mampu meningkatkan kepercayaan diri serta kemampuan pemecahan masalah mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 24, 2017
How to Cite
SURYANTI, Sri. PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DISKRIT MELALUI DISCOVERY LEARNING. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 22, n. 1, p. 64-73, nov. 2017. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/148>. Date accessed: 23 nov. 2024.
Section
Articles