Pengembangan Teori Ring Mobile Application (Terima App): Media pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan aksesibilitas pembelajaran Teori Ring

Authors

  • Sri Suryanti
  • Deni Sutaji

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v25i2.883

Keywords:

Teori Ring, Mobile aplikasi, Aksesibilitas pembelajaran

Abstract

Pengembangan aplikasi berbasis android sangat berkembang pesat akhir-akhir ini, lebih dari 96% masyarakat Indonesia menggunakan smartphone android. Sedangkan di dunia, lebih dari 80% dari 104 negara menunjukkan bahwa kaum muda menggunakan smartphone android. Permasalahan pembelajaran Aljabar abstrak di Indonesia adalah kurangnya media pembelajaran untuk bidang aljabar abstrak, yang salah satunya adalah Teori Ring. Media pembelajaran untuk mata kuliah Teori Ring selama ini masih sangat terbatas. Dalam penelitian ini, kami mengembangkan Teori Ring Mobile Application yang merupakan media pembelajaran Teori Ring berbasis android. Hasil validasi media yang dilakukan dalam tiga tahapan yaitu validasi ahli materi, validasi ahli media, dan validasi oleh pengguna, keseluruhan menunjukkan hasil yang positif. Selanjutnya kontribusi media ini dalam meningkatkan aksesibilitas pembelajaran dapat disimpulkan bahwa media ini memiliki tingkat aksesibilitas yang tinggi.

Downloads

Published

2019-06-13

How to Cite

Suryanti, S., & Sutaji, D. (2019). Pengembangan Teori Ring Mobile Application (Terima App): Media pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan aksesibilitas pembelajaran Teori Ring. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 25(2), 147–156. https://doi.org/10.30587/didaktika.v25i2.883

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.