Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Student Centered Learning (SCL)
DOI:
https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6510Keywords:
keaktifan belajar, PBL, SCLAbstract
Keaktifan belajar pada siswa saat proses pembelajaran dilaksanakan belum melaksanakan tugas belajar dan mengeluarkan pendapat yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Student Centered Learning (SCL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian kelas VIII-K SMP Negeri 2 Krian dengan 34 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap planning (perencanaan), action (pelaksanaan), observing (pengamatan), dan reflection (refleksi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keaktifan belajar peserta didik. Teknik analisis data yang dilakukan menentukan persentase keaktifan belajar peserta didik dari data observasi dan lembar keaktifan belajar matematika. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, mengalami peningkatan keaktifan belajar matematika peserta didik dengan menggunakan model PBL dengan pendekatan SCL. Peningkatan keaktifan belajar matematika peserta didik pada tahap pra siklus diperoleh persentase keaktifan belajar peserta didik sebesar 38,88%, kemudian pada siklus I persentase keaktifan belajar peserta didik diperoleh sebesar 59,93% dan pada siklus II persentase keaktifan belajar peserta didik diperoleh sebesar 75,74%.
References
Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bima Aksara.
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Eka Kusuma, F. (2014). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII SMP MA’ARIF 2 PONOROGO. In Skripsi: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Febriyana, M., & Winarti, W. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Microteaching. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 7(2), 378722.
Filasthiin Falaakh, I., Sujadi, I., Pramesti, G., Prodi Pendidikan Matematika, M., Prodi Pendidikan Matematika, D., & Alamat Korespondensi, U. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 16 Surakarta. JPMM) Solusi, III(1).
Fitriawan, D., Siregar, N., Bs, D. A., & Sulistyowati, E. (2023). PEMANFAATAN GOOGLE SLIDE DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS STUDENT-CENTERED LEARNING (SCL) PADA MAHASISWA. SUPERMAT Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 12–25.
Ginting, P., Hasnah, Y., & Hasibuan, S. H. (2019). Pkm Pelatihan Tindakan Kelas (Ptk) Berbasis Student Centered Learning (Scl) Bagi Guru Smp Di Kecamatan Medan Deli. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 58–72.
Gusna, Rohandi, M., Azhar Kadim, A., & Ayu Ashari, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. INVERTED: Journal of Information Technology Education , 3(1), 45–52. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
Hadi, R. (2007). Dari Teacher Centered Learning ke Student Centered Learning: Perubahan Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, INSANIA, 12(3), 408–419.
Haflah Pohan, H. (2017). UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBING PROMPTING PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 48 MEDAN T.P 2016/2017. In Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
Hanifan, M., & Zhanty, L. S. (2019). PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SNOWBALL THROWING SISWA SMP. Journal On Education, 1(4), 595–604.
Heryati, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Tentang Persamaan Linear Satu Variabel Di SMP Negeri 14 Kota Bogor. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 1(1), 6–11.
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.
Maharani, D. A. M., Rahmawati, I., & Sukamto, S. (2019). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa melalui strategi pembelajaran team quiz dan media teka teki silang. International Journal of Elementary Education, 3(2), 151–158.
Maison, M., Kurniawan, D. A., & Pratiwi, N. I. S. (2020). Pendidikan sains di sekolah menengah pertama perkotaan: Bagaimana sikap dan keaktifan belajar siswa terhadap sains? Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 135–145.
Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.
Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar di abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125.
Nurhalimah, N., & Meilinda, M. (2023). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Berdiferensiasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 563–568. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.624
Nurrohim, N., Suyoto, S., & Anjarini, T. (2022). Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(1), 60–75.
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.
Prayitno, S. H. P. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 22 Surabaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 158–169.
Puspitasari, J. C., Herman, & Ansyar. (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Model PBL Materi Nilai-Nilai Budaya Masyarakat Praaksara di Kelas VII SMPN 1 Jebus Kab. Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Attoriolog Jurnal Pemikiran Kesejarahan Dan Pendidikan Sejarah, 20(1), 98–111.
Santyasa, I. W. (2018). Student centered learning: Alternatif pembelajaran inovatif abad 21 untuk menyiapkan guru profesional. Quantum: Seminar Nasional Fisika, Dan Pendidikan Fisika.
Sarjiyati, P., Taram, A., & Rinawati. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 755–760.
Shintami, R. A. (2022). Jurnal Kesehatan Pertiwi Penggunaan Metode Student Center Learning (SCL) berbasis Handout Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Keperawatan Komunitas di SMK Bhakti Husada. Jurnal Kesehatan Pertiwi, 4(2), 7–15.
Sudjana, N. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessino.
Sutrisno, L. T. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi sebagai salah satu pemecahan masalah masih kurangnya keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 111–121.
Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139.
Widana, I. W., & Diartiani, P. A. (2021). Model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 88–98.
Widyastuti, E., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Keaktifan Siswa Dan Fasilitas Belajar Disekolah Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Smk Se-Kecamatan Umbulharjo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Wiyata, S. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(6), 1799. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8569
Yamin, M. (2007). Profesionalisme Guru Dan Implementasi KTSP (Cet. 2). Jakarta: Gaung Persada Press.
Yunitasari, I., & Hardini, A. T. A. (2021). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1700–1708. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.983
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Open Data and Software Publishing and Sharing
The journal strives to maximize the replicability of the research published in it. Authors are thus required to share all data, code or protocols underlying the research reported in their articles. Exceptions are permitted but have to be justified in a written public statement accompanying the article.
Datasets and software should be deposited and permanently archived inappropriate, trusted, general, or domain-specific repositories (please consult http://service.re3data.org and/or software repositories such as GitHub, GitLab, Bioinformatics.org, or equivalent). The associated persistent identifiers (e.g. DOI, or others) of the dataset(s) must be included in the data or software resources section of the article. Reference(s) to datasets and software should also be included in the reference list of the article with DOIs (where available). Where no domain-specific data repository exists, authors should deposit their datasets in a general repository such as ZENODO, Dryad, Dataverse, or others.
Small data may also be published as data files or packages supplementary to a research article, however, the authors should prefer in all cases a deposition in data repositories.