Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Student Centered Learning (SCL)

Authors

  • Adela Ayu Lestari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sri Suryanti Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sri Handajani Sulistijowati SMP Negeri 2 Krian

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6510

Keywords:

keaktifan belajar, PBL, SCL

Abstract

Keaktifan belajar pada siswa saat proses pembelajaran dilaksanakan belum melaksanakan tugas belajar dan mengeluarkan pendapat yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Student Centered Learning (SCL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian kelas VIII-K SMP Negeri 2 Krian dengan 34 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap planning (perencanaan), action (pelaksanaan), observing (pengamatan), dan reflection (refleksi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keaktifan belajar peserta didik. Teknik analisis data yang dilakukan menentukan persentase keaktifan belajar peserta didik dari data observasi dan lembar keaktifan belajar matematika. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, mengalami peningkatan keaktifan belajar matematika peserta didik dengan menggunakan model PBL dengan pendekatan SCL. Peningkatan keaktifan belajar matematika peserta didik pada tahap pra siklus diperoleh persentase keaktifan belajar peserta didik sebesar 38,88%, kemudian pada siklus I persentase keaktifan belajar peserta didik diperoleh sebesar 59,93% dan pada siklus II persentase keaktifan belajar peserta didik diperoleh sebesar 75,74%.

References

Anisa, R. N., & Riadin, A. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada SDN 2 Selat Dalam Kuala Kapuas Tahun Pelajaran 2016/2017: Efforts to Improve Student Learning Outcomes in Mathematics Subjects by using the Teams Games Tournament (TGT) Cooperative Learning Model at 2 Strait Elementary Schools in Kuala Kapuas 2016/2017 Academic Year. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 53–61.
Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bima Aksara.
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Eka Kusuma, F. (2014). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII SMP MA’ARIF 2 PONOROGO. In Skripsi: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Febriyana, M., & Winarti, W. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Microteaching. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 7(2), 378722.
Filasthiin Falaakh, I., Sujadi, I., Pramesti, G., Prodi Pendidikan Matematika, M., Prodi Pendidikan Matematika, D., & Alamat Korespondensi, U. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 16 Surakarta. JPMM) Solusi, III(1).
Fitriawan, D., Siregar, N., Bs, D. A., & Sulistyowati, E. (2023). PEMANFAATAN GOOGLE SLIDE DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS STUDENT-CENTERED LEARNING (SCL) PADA MAHASISWA. SUPERMAT Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 12–25.
Ginting, P., Hasnah, Y., & Hasibuan, S. H. (2019). Pkm Pelatihan Tindakan Kelas (Ptk) Berbasis Student Centered Learning (Scl) Bagi Guru Smp Di Kecamatan Medan Deli. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 58–72.
Gusna, Rohandi, M., Azhar Kadim, A., & Ayu Ashari, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. INVERTED: Journal of Information Technology Education , 3(1), 45–52. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
Hadi, R. (2007). Dari Teacher Centered Learning ke Student Centered Learning: Perubahan Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, INSANIA, 12(3), 408–419.
Haflah Pohan, H. (2017). UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBING PROMPTING PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 48 MEDAN T.P 2016/2017. In Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
Hanifan, M., & Zhanty, L. S. (2019). PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SNOWBALL THROWING SISWA SMP. Journal On Education, 1(4), 595–604.
Heryati, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Tentang Persamaan Linear Satu Variabel Di SMP Negeri 14 Kota Bogor. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 1(1), 6–11.
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.
Maharani, D. A. M., Rahmawati, I., & Sukamto, S. (2019). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa melalui strategi pembelajaran team quiz dan media teka teki silang. International Journal of Elementary Education, 3(2), 151–158.
Maison, M., Kurniawan, D. A., & Pratiwi, N. I. S. (2020). Pendidikan sains di sekolah menengah pertama perkotaan: Bagaimana sikap dan keaktifan belajar siswa terhadap sains? Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 135–145.
Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.
Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar di abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125.
Nurhalimah, N., & Meilinda, M. (2023). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Berdiferensiasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 563–568. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.624
Nurrohim, N., Suyoto, S., & Anjarini, T. (2022). Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(1), 60–75.
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.
Prayitno, S. H. P. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 22 Surabaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 158–169.
Puspitasari, J. C., Herman, & Ansyar. (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Model PBL Materi Nilai-Nilai Budaya Masyarakat Praaksara di Kelas VII SMPN 1 Jebus Kab. Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Attoriolog Jurnal Pemikiran Kesejarahan Dan Pendidikan Sejarah, 20(1), 98–111.
Santyasa, I. W. (2018). Student centered learning: Alternatif pembelajaran inovatif abad 21 untuk menyiapkan guru profesional. Quantum: Seminar Nasional Fisika, Dan Pendidikan Fisika.
Sarjiyati, P., Taram, A., & Rinawati. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 755–760.
Shintami, R. A. (2022). Jurnal Kesehatan Pertiwi Penggunaan Metode Student Center Learning (SCL) berbasis Handout Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Keperawatan Komunitas di SMK Bhakti Husada. Jurnal Kesehatan Pertiwi, 4(2), 7–15.
Sudjana, N. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessino.
Sutrisno, L. T. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi sebagai salah satu pemecahan masalah masih kurangnya keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 111–121.
Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139.
Widana, I. W., & Diartiani, P. A. (2021). Model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 88–98.
Widyastuti, E., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Keaktifan Siswa Dan Fasilitas Belajar Disekolah Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Smk Se-Kecamatan Umbulharjo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Wiyata, S. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MTS MUHAMMADIYAH TRUCUK KLATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(6), 1799. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8569
Yamin, M. (2007). Profesionalisme Guru Dan Implementasi KTSP (Cet. 2). Jakarta: Gaung Persada Press.
Yunitasari, I., & Hardini, A. T. A. (2021). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1700–1708. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.983

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Lestari, A. A., Suryanti, S., & Sulistijowati, S. H. (2023). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Student Centered Learning (SCL). DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 271–288. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6510

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.