Upaya Peningkatan Kolaborasi Antar Peserta Didik Melalui Implementasi Manajemen Kelas Menggunakan Teknik Friendship Grouping

  • Serly Anggristia Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sarwo Edy Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Rudi Sugeng Hariyadi SMP Negeri 1 Diwek

Abstract

Proses pembelajaran yang dilaksanakan selama ini, belum mengarah ke proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dampak yang ditimbulkan dari pola pembelajaran ini adalah kurangnya interaksi kolaboratif diantara peserta didik saat berpartisipasi dalam diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kolaborasi antar peserta didik dalam diskusi kelompok pada mata pelajaran matematika di kelas VII B SMP Negeri 1 Diwek dengan mengimplementasikan manajemen kelas menggunakan teknik friendship grouping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian melibatkan 30 peserta didik dari kelas VII B pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Proses penelitian terdiri dari dua siklus, dengan refleksi tindakan yang dilakukan pada akhir setiap siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui lembar observasi dan dokumentasi. Hasil rata-rata persentase kolaborasi antar peserta didik dalam diskusi kelompok menunjukkan peningkatan dari siklus pertama (69%) menjadi siklus kedua (77%). Dengan demikian, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi manajemen kelas menggunakan teknik friendship grouping berhasil meningkatkan kolaborasi antar peserta didik dalam diskusi kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 30, 2023
How to Cite
ANGGRISTIA, Serly; EDY, Sarwo; HARIYADI, Rudi Sugeng. Upaya Peningkatan Kolaborasi Antar Peserta Didik Melalui Implementasi Manajemen Kelas Menggunakan Teknik Friendship Grouping. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 29, n. 2, p. 258-270, sep. 2023. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/6509>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6509.