Upaya Peningkatan Kolaborasi Antar Peserta Didik Melalui Implementasi Manajemen Kelas Menggunakan Teknik Friendship Grouping
DOI:
https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6509Keywords:
manajemen kelas, friendship grouping;, kolaborasiAbstract
Proses pembelajaran yang dilaksanakan selama ini, belum mengarah ke proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dampak yang ditimbulkan dari pola pembelajaran ini adalah kurangnya interaksi kolaboratif diantara peserta didik saat berpartisipasi dalam diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kolaborasi antar peserta didik dalam diskusi kelompok pada mata pelajaran matematika di kelas VII B SMP Negeri 1 Diwek dengan mengimplementasikan manajemen kelas menggunakan teknik friendship grouping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian melibatkan 30 peserta didik dari kelas VII B pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Proses penelitian terdiri dari dua siklus, dengan refleksi tindakan yang dilakukan pada akhir setiap siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui lembar observasi dan dokumentasi. Hasil rata-rata persentase kolaborasi antar peserta didik dalam diskusi kelompok menunjukkan peningkatan dari siklus pertama (69%) menjadi siklus kedua (77%). Dengan demikian, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi manajemen kelas menggunakan teknik friendship grouping berhasil meningkatkan kolaborasi antar peserta didik dalam diskusi kelompok.
References
Ahmadi, A. (2007). Psikologi Sosial. Rineka Cipta.
Ahmadun. (2019). Implementasi Manajemen Kelas Melalui Teknik Friendship Grouping untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Darul Ulum Ngembal Rejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019 [Skripsi]. Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah.
Anggelita, D. M., Mustaji, M., & Mariono, A. (2020). Pengaruh Keterampilan Kolaborasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMK. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 21–30.
Aninda, A., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi STEM Siswa SMA. JSEP (Journal of Science Education and Practice), 3(2), 1–16.
Apriani, F., Rohaeni, N., & Anah, A. (2015). Kemampuan Kolaboratif Mahasiswa Pada Perkuliahan Bimbingan Perawatan Anak Melalui Kegiatan Lesson Study. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 2(1), 7–15.
Apriono, D. (2011). Implementasi Collaborative Learning dalam Meningkatkan Pemikiran Kritis Mahapeserta didik. Jurnal Prospektus UNIROW Tuban, 7(1), 13–20.
Aries, E. F., & Haryono, A. D. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Aditya Media Publishing.
Arikunto, S. (1996). Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. PT Raja Grafindo Persada.
Buda, C. H., Wardani, N. S., & Prasetyo, A. K. (2022). Pengembangan Problem and Project Based Learning Pasca Covid-19 Terhadap Kolaborasi Peserta Didik. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 90–105.
Dewi, A. P., Putri, A., Anfira, D. K., & Prayitno, B. A. (2020). Profil Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa pada Rumpun Pendidikan MIPA. PEDAGOGIA, 18(1), 57–72.
Dewi, V. P. (2018). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal pada Siswa yang Memiliki Kecenderungan Adiksi Situs Jejaring Sosial. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2).
Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(3), 77–87.
Funali, M. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kolaborasi pada Siswa Kelas V SDN I Siboang. Jurnal Kreatif Online, 4(1).
Hadi, S. N., & Noor, A. J. (2013). Keefektifan Kelompok Belajar Siswa Berdasarkan Sosiometri dalam Menyelesaikan Soal cCerita Matematika di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Hasibuan, N. I. (2008). Upaya Meningkatkan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Pembentukan Kelompok Belajar Berdasarkan Sosiometri Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Puren [Skripsi].
Imron, A. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Sekretaris Negara Republik Indonesia (2003).
Permendikbud Nomor 16 Tahun 2022, Kemendikbud (2022).
Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran yang Tepat pada Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01).
Law, Q. P., So, H. C., & Chung, J. W. (2017). Effect of Collaborative Learning on Enhancement of Students’ Self-Efficacy, Social Skills and Knowledge Towards Mobile Apps Development. American Journal of Educational Research, 5(1), 25–29.
Lee, D., Huh, Y., & Reigeluth, C. M. (2015). Collaboration, Intragroup Conflict, and Social Skills in Project Based Learning. Instructional Science, 43, 561–590.
Lelasari, M., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2017). Pemanfaatan Social Learning Network dalam Mendukung Keterampilan Kolaborasi Siswa. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 167–172.
Maasawet, E. T. (2011). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Belajar Biologi Melalui Penerapan Strategi Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri VI Kota Samarinda Tahun Pelajaran 2010/2011. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(1).
Masruroh, L., & Arif, S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Melalui Pendekatan Science Education for Sustainability dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 179–188.
Meilinawati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten [Skripsi]. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik.
Menggo, S. (2016). The Effect of Discussion Technique and Enghlish Learning Motivation to Ward Students Speaking Ability. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 8(1), 112–119.
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27–44.
Oci, M. (2019). Manajemen Kelas. Jurnal Teruna Bhakti, 1(1), 49–58.
Putri, A., Kartini, K., & Yuanita, P. (2020). The Effectiveness of Learning Tools Based on Discovery Learning That Integrates 21st Century Skills to Mathematical Critical Thinking Ability in Trigonometric Materials in High School. Journal of Physics: Conference Series, 1655(1), 012071.
Rahayu, S., Pramiarsih, E. E., & Sritumini, B. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 132–143.
Rusydie, S. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen Kelas. Prestasi Pustakaraya.
Sabirin, F. (2016). Peningkatan Kreativitas dan Kolaborasi Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Pemrograman di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 5(2), 195–211.
Saputra, A. D. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema 6 dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Kelas V SD N 1 Sumberagung [Skripsi]. Intitut Agama Islam (IAIN) Metro Lampung.
Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 233–241.
Sari, C. O. Y. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script pada Muatan IPS Kelas V SD Negeri 134/I Merbau [Skripsi]. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Sunhaji, S. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30–46.
Supriadie, D., & Darmawan, D. (2012). Komunikasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139.
Yulianti, A. (2007). Keefektivan Kelompok Belajar yang Dibentuk Berdasarkan Sosiometri Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa SMP Negeri 7 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2006/2007 dalam Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung [Skripsi].
Zulhartati, S. (2011). Pembelajaran Kooperatif Model STAD pada Mata Pelajaran IPS. Guru Membangun, 26(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Open Data and Software Publishing and Sharing
The journal strives to maximize the replicability of the research published in it. Authors are thus required to share all data, code or protocols underlying the research reported in their articles. Exceptions are permitted but have to be justified in a written public statement accompanying the article.
Datasets and software should be deposited and permanently archived inappropriate, trusted, general, or domain-specific repositories (please consult http://service.re3data.org and/or software repositories such as GitHub, GitLab, Bioinformatics.org, or equivalent). The associated persistent identifiers (e.g. DOI, or others) of the dataset(s) must be included in the data or software resources section of the article. Reference(s) to datasets and software should also be included in the reference list of the article with DOIs (where available). Where no domain-specific data repository exists, authors should deposit their datasets in a general repository such as ZENODO, Dryad, Dataverse, or others.
Small data may also be published as data files or packages supplementary to a research article, however, the authors should prefer in all cases a deposition in data repositories.