Penerapan Model PBL Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII UPT SMPN 10 Gresik

Authors

  • M. Shandy Prabowo Pramudito Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Farihatun Najiyah UPT SMPN 10 Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6514

Keywords:

keaktifan belajar, PBL, Geogebra

Abstract

Peserta didik terlihat pasif ketika pembelajaran khususnya pembelajaran matematika. Peserta didik cenderung tidak semangat saat belajar. Tujuan penelitiaan adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar peserta didik dengan menerapkan model PBL berbantuan GeoGebra. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan di UPT SMPN 10 Gresik di kelas VII F TA 2022/2023 yang berjumlah 32 peserta didik. Ada 4 tahapan dalam penelitian ini antara lain perencanaan (plan), pelaksanaan (do), observasi dan refleksi (see), dimana akan dihentikan jika keaktifan belajar meningkat dan indikator yang ditetapkan yaitu jumlah peserta didik kategori cukup dan aktif sebanyak lebih besar atau sama dengan 80%. Hasil penelitian diperoleh peningkatan keaktifan belajar, mulai dari pra siklus sebesar 43.8% dengan kategori kurang. Lalu pada siklus I sebesar 65,45% dengan kategori cukup aktif serta siklus II diperoleh rata-rata sebesar 69,12% dalam kategori cukup aktif. Pada siklus II jumlah peserta didik dalam kategori cukup atif dan aktif sebanyak 87.1% dan hal tersebut sudah sesuai dengan yang diinginkan dalam penelitian. Sehingga dari penelitian ini bisa ditarik kesimpulan bahwa penerapan model PBL berbantuan GeoGebra bisa meningkatakan keaktifan belajar peserta didik kelas VII F UPT SMPN 10 Gresik

References

Ahmad, F., Sukarmin, & Aminah, N. S. (2015). PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI FLUIDA DINAMIK MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INKUIRI TERBIMBING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KREATIVITAS. JURNAL INKUIRI, 4(2), 22–24. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/article/view/9580%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/article/download/9580/8510%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jvce/article/view/29366%0Ahttps://docs.lib.purdue.edu/ijpbl/vol13/iss2/9
Anwar, A. (2007). Media Pembelajaran. Pekanbaru: Suska Press.
Arsyaf, F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Software Geogebra untuk Meningkatkan Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA2 SMA Negeri 10 Pekanbaru T.A 2019/2022. Universitas Islam Riau.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Juliawan, D. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kuta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 1–17.
Jurotun, J. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model PBL- STAD berbantuan Geogebra Materi Program Linier Kelas XI MIPA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 35–46. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5969
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Jakarta Pers.
Kurnianingtyas, L. Y., & Nugroho, M. A. (2012). Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas X Akuntansi 3 Smk Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 66–77. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.922
Maktun, P., Mawardi, & Wardani, K. W. (2018). Penerapan Model Problrm Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Tema 8 Kelas V. Prosiding Seminar Nasional Hari Pendidikan Nasional. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Kristen Satya Wacana, 482–487.
Marini, O., Alam, A. K., & Sulistiawati. (2016). Jurnal Matematika Kreano. Jurnal Pendidikan Matematika UNNES, 7(1).
Mu’alimin, & Cahyadi, R. A. H. (2014). PENELITIAN TINDAKAN KELAS Teori dan Praktik. Pasuruan: Ganding.
Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas 4 Sd. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 287–293. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.268
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/991
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.
Putri, R. E., Marzal, J., & Simatupang, G. M. (2014). DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CABRI 3D DAN ADOBE FLASH PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA JAMBI. Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi.
Rahmawati, E. D. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Pada Siswa Kelas X 3 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 195.
Supriadi, N. (2015). Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99–109.
Suryawan, I. P. P. (2019). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Lectora Inspire Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Santiaji Pendidikan, Volume 9, Nomor 2, Juli 2019, 9, 177–188.
Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Pramudito, M. S. P., Fauziyah, N., & Najiyah, F. (2023). Penerapan Model PBL Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII UPT SMPN 10 Gresik. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 319–331. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6514

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.