Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita Fungsi Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematis

  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Zazila Rohmatul Inaya Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Slamet Asari Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah soal cerita pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Menurut Polya terdapat beberapa langkah dalam menyelesaikan masalah yakni yaitu memahami masalah, perencanaan pemecahan masalah, melaksanakan perencanaan pemecahan masalah, dan melihat kembali kelengkapan pemecahan masalah. Subjek dalam penelitian ini yakni 3 siswa kelas XI-6 SMAN 1 Gresik yang diambil berdasarkan perbedaan kemampuan matematis yang telah diuji menggunakan tes diagnostik awal, kemudaian diwawancara hasil kerja mereka berdasarkan langkah-langkah Polya. Pengumpulan data adalah tes diagnostik, tes tulis dan wawancara. Teknink analisis data yakni deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yaitu siswa dalam kategori kemampuan matematis tinggi dapat menyelesaikan soal dengan benar dan melalui tahapan dengan tepat sesuai dengan prosedur Polya; siswa dalam kategori sedang dapat menyelesaikan soal dengan benar, tetapi masih kurang tepat dalam mengikuti tahapan sesuai dengan prosedur Polya; dan siswa dalam kategori kemampuan matematis rendah masih kurang mampu menyelesaikan soal dengan benar dan sesuai dengan prosedur pemecahan masalah polya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 28, 2024
How to Cite
FAUZIYAH, Nur; INAYA, Zazila Rohmatul; ASARI, Slamet. Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita Fungsi Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematis. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 106-115, feb. 2024. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/7434>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7434.