Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita Fungsi Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematis

Authors

  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Zazila Rohmatul Inaya Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Slamet Asari Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7434

Keywords:

Kemampuan matematika, pemecahan masalah, soal cerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah soal cerita pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Menurut Polya terdapat beberapa langkah dalam menyelesaikan masalah yakni yaitu memahami masalah, perencanaan pemecahan masalah, melaksanakan perencanaan pemecahan masalah, dan melihat kembali kelengkapan pemecahan masalah. Subjek dalam penelitian ini yakni 3 siswa kelas XI-6 SMAN 1 Gresik yang diambil berdasarkan perbedaan kemampuan matematis yang telah diuji menggunakan tes diagnostik awal, kemudaian diwawancara hasil kerja mereka berdasarkan langkah-langkah Polya. Pengumpulan data adalah tes diagnostik, tes tulis dan wawancara. Teknink analisis data yakni deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yaitu siswa dalam kategori kemampuan matematis tinggi dapat menyelesaikan soal dengan benar dan melalui tahapan dengan tepat sesuai dengan prosedur Polya; siswa dalam kategori sedang dapat menyelesaikan soal dengan benar, tetapi masih kurang tepat dalam mengikuti tahapan sesuai dengan prosedur Polya; dan siswa dalam kategori kemampuan matematis rendah masih kurang mampu menyelesaikan soal dengan benar dan sesuai dengan prosedur pemecahan masalah polya.

References

Alfiah, V., Safiyanah, I., Kusuma, J. W., Riani, L., & Hasanah, U. (2023). Mathematical Problem-Solving Ability of Class X Students SMAN 5 Serang City in Completing Story Problems. 7(1), 672–677.
Daulay, K. R., & Ruhaimah, I. (2019). Polya theory to improve problem-solving skills. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012070
Fadilah, N. S., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Fungsi dengan Tahapan Polya. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 7, 64–73.
Fitriani, F., Hayati, R., Sugeng, S., Srimuliati, S., & Herman, T. (2022). Students’ Ability To Solve Mathematical Problems Through Polya Steps. Journal of Engineering Science and Technology, 17, 25–32.
Garofalo, J., Drier, H., Harper, S., Timmerman, M. a., & Shockey, T. (2000). Promoting appropriate uses of technology in mathematics teacher preparation guidelines for technology-based activity. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 1(1), 66–88. http://www.editlib.org/p/10804/
Kurniawan, P., & Wijayanti, P. (2022). Profil Metakognisi Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers Ditinjau Dari Kemampuan Siswa. MATHEdunesa, 11(3), 644–656. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p644-656
Margaret Hilton, R. (2010). Exploring the Intersection of Science Education and 21st Century Skills: A Workshop Summary. https://books.google.co.id/books?id=SZVhAgAAQBAJ&lpg=PP1&ots=ACyJFGbLMy&dq=National Research Council of The National Academies (2010)&lr&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q=National Research Council of The National Academies (2010)&f=false
Martin, I., & Kadarisma, G. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Fungsi. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 7(1), 64. https://doi.org/10.31949/th.v7i1.3824
Matthew B. Miles, A. M. H. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=U4lU_-wJ5QEC&oi=fnd&pg=PR12&dq=miles+and+huberman&ots=kGSC0MVS-S&sig=awTdU5llfCfe6x-pvp4YTUkWFJg&redir_esc=y#v=onepage&q=miles and huberman&f=false
Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11–20.
Risma Astuti, D. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Cerita berdasarkan Langkah Polya Semarang. Vol.2,No.2, h.299.
Scherer, R., & Gustafsson, J. E. (2015). The relations among openness, perseverance, and performance in creative problem solving: A substantive-methodological approach. Thinking Skills and Creativity, 18, 4–17. https://doi.org/10.1016/J.TSC.2015.04.004
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&B dan penelitian pendidikan) (A. Nuryanto (ed.); ke 3). Alfabeta.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Fauziyah, N., Inaya, Z. R., & Asari, S. (2024). Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita Fungsi Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematis. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 106–115. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7434

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.