Analisis Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Guided Discovery Learning Pada Materi Limit Fungsi Trigonometri

Authors

  • Mokhamad Triyono Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6512

Keywords:

model guided discovery learning, keaktifan belajar siswa

Abstract

Salah satu masalah yang sering dijumpai pada saat pembelajaran di kelas adalah minimnya siswa yang turut aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Tidak jarang Kita sering menemukan fakta bahwa di banyak sekolah masih sering ditemukan guru-guru yang menerapkan teacher center learning dan bukan menerapkan student center learning, dimana guru menjadi pusat pembelajaran sedangkan peserta didik cenderung kurang berperan aktif sebagai pendengar. Demikian pula masalah yang ditemukan oleh peneliti di SMA Negeri Ngoro, juga berkaitan dengan kurangnya keaktifan siswa pada saat kegiatan pembelajaran. Sehingga dalam penelitian ini digunakan metode pembelajaran kooperatif model Guided Discovery Learning sebagai solusi pemecahan untuk merespon masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa kelas XI MIPA-3 sebelum dan setelah upaya menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Guided Discovery Learning pada materi limit fungsi trigonometri. Tujuan lainnya adalah untuk menunjukkan ada atau tidaknya peningkatan keaktifan siswa setelah perlakuan metode pembelajaran kooperatif model Guided Discovery Learning. Pemberian perlakuan yang dilakukan oleh peneliti memberikan dampak positif, terbukti dengan hasil penelitian yang mana hasilnya menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa melalui penggunaan metode pembelajaran kooperatif model guided discovery learning pada materi limit fungsi trigonometri.

References

A.M., Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
A.M., Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali Pers.
Arikunto, Suharsimi dan Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2014. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta. Bumi Aksara.
Aurellia, Anindyadevi. 2022. Rumus Limit Fungsi Trigonometri: Contoh Soal dan Cara Mengerjakannya. Bali. Detik.com. https://www.detik.com/bali/berita/d-6477301/rumus-limit-fungsi-trigonometri-contoh-soal-dan-cara-mengerjakannya. diakses pada 3 Mei 2023 pkl 17.49 wib.
Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta. Gava Media.
Dimyati dan Mujiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Eggen, Paull dan Kauchak, Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta. PT. Indeks.
Elisa, Edi. 2012. Kategori Model-model Pembelajaran. Bali. Edu Chanel Indonesia. https://educhannel.id/blog/artikel/model-pembelajaran-guided-discovery-learning.html. diakses pada 3 Mei 2023 pkl 17.43 wib.
Husna, Farhana dkk. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Harapan Cerdas.
Markaban. 2008. Model Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: PPPPTK
Mu’alimin dan Cahyadi, R.A.H., 2014. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Pasuruan. Ganding Pustaka.
N.K., Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Prihatmojo, Agung dan Rohmani. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Who am I. Lampung. Universitas Muhammadiyah Kotabumi.
Rizky, Miranti Nur. 2022. Skripsi: Upaya Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas V SDN 66 Kota Bengkulu. Bengkulu. UIN Fatmawati Sukarno.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Prenada Media Group.
Sinar. 2018. Metode Active learning. Sleman. Budi Utama.
Sugiarti, Titik. 1997. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmawan, Sony dkk. 2016. Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan. FIB-UB. Malang.
Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Utami, Anita Dewi. 2020. Model Guided Discovery Learning Berbasis Kemampuan Proses. Malang. Pustaka Learning Center.
Widjayanti. 2008. Media Lembar Kerja Peserta Didik. Jakarta. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Triyono, M., & Fauziyah, N. (2023). Analisis Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Guided Discovery Learning Pada Materi Limit Fungsi Trigonometri. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 298–308. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6512

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.