Analisis Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Guided Discovery Learning Pada Materi Limit Fungsi Trigonometri

  • Mokhamad Triyono Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Salah satu masalah yang sering dijumpai pada saat pembelajaran di kelas adalah minimnya siswa yang turut aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Tidak jarang Kita sering menemukan fakta bahwa di banyak sekolah masih sering ditemukan guru-guru yang menerapkan teacher center learning dan bukan menerapkan student center learning, dimana guru menjadi pusat pembelajaran sedangkan peserta didik cenderung kurang berperan aktif sebagai pendengar. Demikian pula masalah yang ditemukan oleh peneliti di SMA Negeri Ngoro, juga berkaitan dengan kurangnya keaktifan siswa pada saat kegiatan pembelajaran. Sehingga dalam penelitian ini digunakan metode pembelajaran kooperatif model Guided Discovery Learning sebagai solusi pemecahan untuk merespon masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa kelas XI MIPA-3 sebelum dan setelah upaya menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Guided Discovery Learning pada materi limit fungsi trigonometri. Tujuan lainnya adalah untuk menunjukkan ada atau tidaknya peningkatan keaktifan siswa setelah perlakuan metode pembelajaran kooperatif model Guided Discovery Learning. Pemberian perlakuan yang dilakukan oleh peneliti memberikan dampak positif, terbukti dengan hasil penelitian yang mana hasilnya menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa melalui penggunaan metode pembelajaran kooperatif model guided discovery learning pada materi limit fungsi trigonometri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 30, 2023
How to Cite
TRIYONO, Mokhamad; FAUZIYAH, Nur. Analisis Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Guided Discovery Learning Pada Materi Limit Fungsi Trigonometri. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 29, n. 2, p. 298-308, sep. 2023. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/6512>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6512.