PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KETERLIBATAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

  • Nuraida Umamiyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Fatimatul Khikmiyah Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan keterlibatan peserta didik terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Anggota populasi dalam penelitian ini sebanyak 318 peserta didik UPT SMP Negeri 1 Gresik dan sampel yang digunakan sebanyak 177 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kemandirian belajar, kuesioner keterlibatan peserta didik, dan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif signifikan antara kemandirian belajar terhadap keterlibatan peserta didik, (2) terdapat pengaruh positif signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika, dan (3) terdapat pengaruh positif signifikan antara keterlibatan peserta didik terhadap hasil belajar matematika.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 25, 2022
How to Cite
UMAMIYAH, Nuraida; FAUZIYAH, Nur; KHIKMIYAH, Fatimatul. PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KETERLIBATAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 28, n. 1, p. 1-14, jan. 2022. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/3612>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v28i2.3612.