PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MELALUI GUIDED DISCOVERY LEARNING

  • Nur Hidayah
  • Achmad Ashari
  • Ikhsan Ikhsan

Abstract

Matematika merupakan pengetahuan yang sangat dibutuhkan oleh pengetahuan
lain untuk berkembang. Matematika merupakan pengetahuan yang paling efektif untuk
mengembangkan kognisi seseorang, karena objeknya yang abstrak dan hanya ada dalam
pikiran manusia. Matematika diajarkan di setiap tingkat sekolah. Namun kenyataannya
masih banyak peserta didik yang kurang berminat dengan pelajaran matematika, seperti
yang terjadi di SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Sebagian besar peserta didik masih kurang
aktif dalam pembelajaran. Mereka masih menganggap matematika merupakan
pembelajaran yang penuh dengan perhitungan yang sulit untuk dipahami. Pembelajaran
yang dilaksanakan di SMPM 1 Gresik masih menggunakan metode ceramah dan
kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi, hal ini juga menjadi faktor
penyebab peserta didik merasa jenuh dalam pembelajaran matematika. Untuk
menyelesaikan permasalahan ini diperlukan upaya dengan menerapkan pembelajaran
yang mampu menjadikan seluruh siswa aktif mengkonstruk sendiri konsep atau rumus
dalam matematika. Metode guided discovery learning (pembelajaran penemuan
terbimbing) merupakan salah satu metode yang sesuai untuk mengatasi permasalahan di
atas. Untuk mendukung supaya peserta didik lebih aktif lagi diperlukan media
pembelajaran dan LKS yang menjadi guided dalam proses penemuan. Berdasarkan latar
belakang di atas maka dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
keaktifan peserta didik melalui guided discovery learning.
Jenis penelitian ini adalah CAR (Classroom Action Research) dengan 4 siklus
melalui kegiatan lesson study. Data yang dalam penelitian ini adalah data keaktifan peserta
didik selama dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode guided discovery
learning. Data tersebut diambil selama proses pembelajaran berlangsung melalui kegiatan
observasi kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan peserta
didik dalam pembelajaran.
Hasil penelitian ini adalah melalui guided discovery learning didapatkan peningkatan
keaktifan peserta didik pada setiap siklus. Keaktifan yang dimaksud adalah keaktifan
peserta didik dalam: (1) aktivitas pada saat memahami LKS, (2) aktivitas dalam melakukan
pengamatan/percobaan dengan menggunakan media, (3) aktivitas dalam menemukan
konsep/rumus, (4) aktivitas dalam mempresentasikan hasil diskusi, (5) aktivitas dalam
menanggapi presentasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 3, 2018
How to Cite
HIDAYAH, Nur; ASHARI, Achmad; IKHSAN, Ikhsan. PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MELALUI GUIDED DISCOVERY LEARNING. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 22, n. 1, p. 48-57, jan. 2018. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/211>. Date accessed: 22 july 2024.
Section
Articles