Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Nilai Mutlak Kelas X Tkr SMK Pelita Harapan Tahun Ajaran 2019/2020

  • Muhtar Kurniawan
  • Nur Fauziyah
  • Aslih Maulana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) materi nilai mutlak kelas X TKR SMK Pelita Harapan Padangan Bojonegoro.  Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar matematika dan siswa merasa menganggap matematika adalah materi yang sulit dipelajari.  Siswa SMK Pelita Harapan Padangan masih kesulitan untuk memahami konsep dan menerapakannya pada mata pelajaran matematika.  Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang menuntut siswa lebih aktif sehingga lebih mudah memahami matematika. Metode pembelajaran yang dimaksud adalah metode pembelajaran NHT(Numbered Heads Together) dengan cara diskusi secara kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi sehingga siswa akan lebih aktif dapat mengutarakan pemahaman  tentang konsep yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga guru mampu membimbing dan mengarahkan  untuk bersama-sama menyimpulkan hasil pemikiran.  Dengan begitu siswa akan  lebih paham dan lebih menguatkan pada ingatan. Yang berbeda dari metode pembeljaran kooperatif yang lain adalah yaitu prosesnya jika metode pembelajaran NHT ini dengan penomoran pada kelompok, dan dipanggil untuk mempresentasikan berdasarkan nomor yang disebutkan.


 Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswakelas X SMK Pelita Harapan Padangan,Bojonegoro tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 25 siswa . Metode Pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan observasi dan tes sedangkan untuk instrumen penilitian ini adalah lembar observasi, LKPD dan tes.


Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode NHT(Numbered Heads Together) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas X SMK Pelita Harapan Padangan, karena siswa lebih aktih dan mampu mempresentasikan hasil diskusi dengan baik sehingga meningkatnya hasil belajar. Berdasarkan tes awal pada materi nilai mutlak, penelitian siklus I dan penelitian siklus II yang dilakukan kepada siswa menunjukkan bahwa peserta didik memperoleh hasil belajar yang baik dan baik sekali mengalami banyak peningkatan. Pada penelitian siklus I yang mencapai ketuntasan hingga 92% dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II yaitu 100% atau seluruh siswa mencapai ketuntasan . Sehingga penelitian berhasil meningkatkan hasil belajar matematika pada materi nilai mutlak


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 7, 2020
How to Cite
KURNIAWAN, Muhtar; FAUZIYAH, Nur; MAULANA, Aslih. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Nilai Mutlak Kelas X Tkr SMK Pelita Harapan Tahun Ajaran 2019/2020. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 27, n. 1, p. 55-62, dec. 2020. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/2103>. Date accessed: 24 aug. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v27i1.2103.
Section
Articles