Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di UPT SMP Negeri 9 Gresik

Authors

  • Ningsih Ningsih Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i1.5326

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Penerapan Kurikulum Merdeka, UPT SMP Negeri 9 Gresik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar di UPT SMP Negeri 9 Gresik. Yang menjelaskan mengenai Penerapan Kuirkulum Merdeka Belajar di UPT SMP Negeri 9 Gresik dengan menggunakan Metode Deskriptif. Bentuk struktur kurikulum Merdeka terdiri dari kegiatan intrakurikuler, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dan ekstrakurikuler. Alokasi jam pelajaran pada struktur kurikulum dituliskan secara total dalam satu tahun dan dilengkapi dengan saran alokasi jam pelajaran jika disampaikan secara reguler/mingguan. Tidak ada perubahan total jam pelajaran, hanya saja JP (jam pelajaran) untuk setiap mata pelajaran dialokasikan untuk dua kegiatan pembelajaran yaitu pembelajaran intrakurikuler dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jadi, jika dihitung JP kegiatan belajar rutin di kelas (intrakurikuler) saja, memang seolah-olah JP-nya berkurang dibandingkan dengan Kurikulum 2013. Namun, selisih jam pelajaran tersebut dialokasikan untuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Pendidikan Dasar.

Downloads

Published

2023-02-22

How to Cite

Ningsih, N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di UPT SMP Negeri 9 Gresik. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(1), 144–151. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i1.5326

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.