Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Jombang

Authors

  • Pamela Mega Silvana SMA NEGERI 1 JOMBANG
  • I’anatur Rofi’ah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Abdul Kholiq SMA NEGERI 1 JOMBANG

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6503

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi; Model Pembelajaran Problem Based Learning; Keaktifan; Hasil Belajar Matematika

Abstract

Proses pembelajaran yang kurang menarik, dapat menyebabkan siswa tidak berminat untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang bisa menjadikan siswa lebih aktif untuk mengikuti pembelajaran yaitu model pembelajaran Problem Based Learning. Oleh sebab itu, peneliti ingin melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Jombang setelah mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jombang pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-7 yang berjumlah 34 siswa, yaitu 14 laki-laki dan 20 perempuan. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Disamping itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa yang telah memenuhi indikator ketercapaian, yaitu dengan kategori aktif atau sangat aktif pada siklus I yaitu 41,17% menjadi 82,35% pada siklus II. Penelitian ini juga menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa yang telah memenuhi indikator ketercapaian pada siklus I yaitu 47,05% menjadi 82,35% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi melalui model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa.

References

Alfianika, Ninit. (2018). Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish CV Budi
Utama.

Aprizan, Putra, I. & Sundahry. (2022). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Klaten: Lakeisha

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Firmansyah, H. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar
Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, (Online), 3(1):37, (http://e-journal.uinsika.ac.id),
diunduh 25 April 2023.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika
Aditama.

Parnawi, Afi. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseacrch). Sleman: CV Budi Utama.

Rozak, A. (2012). Pengantar Statistika. Malang: Intimedia

Sarie, Fitria Novita (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based

Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara,
(Online), 4(2):493, (https://ejournal.unisnu.ac.id) , diunduh 23 April 2023

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Silvana, P. M., Rofi’ah, I., & Kholiq, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Jombang. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 188–198. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6503

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.