PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI KERUSAKAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Iqnatia Alfiansyah

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v25i1.692

Keywords:

Model pembelajaran Kooperatif, Number Head Together

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dari peserta didik setelah
mengiktui pembelajaran NHT, mendeskripsikan kemampuan guru dalam menerapkan
pembelajaran dan mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran NHT. Tujuan
penelitian disesuaikan dengan pemasalahan yang telah ditemukan peneliti yaitu berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, diantaranya yaitu peserta didik cenderung merasa bosan karena model pembelajaran kurang bervariasi, kurangnya kreatifitas guru dalam proses pembelajaran, pembelajaran masih menekankan kegiatan guru. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan kejadian-kejadian yang telah terjadi, penelitian ini dilakukan selama tiga pertemuan, dua pertemuan pembelajaran dan satu pertemuan untuk melaksanakan tes hasil belajar dan mengisi lembar angket respon peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengamatan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran, tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sesudah mengikuti pembelajaran, dan megisi angket respon untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran NHT. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran NHT, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik adalah 85,53 dengan prosentase ketuntasan klasikal 93,3% dan dapat dikatakan tuntas. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran seluruh pertemuan adalah 89,8 dapat dikatakan baik sekali. Respon peserta didik terhadap pembelajaran NHT dapat dikatakan baik dengan rata-rata 96,7%.

Downloads

Published

2018-11-26

How to Cite

Alfiansyah, I. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI KERUSAKAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 25(1), 26–45. https://doi.org/10.30587/didaktika.v25i1.692

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.