Peningkatan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching
DOI:
https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6508Keywords:
Culturally Responsive Teaching, hasil belajar, kreativitas, pembelajaran matematikaAbstract
alah satu alasan matematika dianggap sulit adalah
matematika sering kali melibatkan konsep-konsep abstrak dan
pemikiran logis yang tidak langsung terlihat dalam dunia nyata
sehingga membingungkan bagi peserta didik yang lebih suka
belajar dengan konsep yang lebih konkret. Di sisi lain,
pendekatan pembelajaran yang diterapkan guru di kelas tidak
sesuai dengan karakter dan keseharian peserta didik. Tidak
heran jika sering dijumpai peserta didik yang kurang tertarik
dengan pembelajaran matematika dan cenderung cepat bosan.
Akibatnya kreativitas dan hasil belajar peserta didik menjadi
kurang optimal. Dalam rangka menumbuhkan suasana yang
dekat dengan kehidupan peserta didik dalam pembelajaran,
dengan harapan dapat meningkatkan kreativitas dan hasil
belajar peserta didik, salah satunya dapat dilakukan dengan
melibatkan budaya tempat tinggal peserta didik. Oleh karena
itu, diperlukan adanya pendekatan pembelajaran yang
mengaitkan budaya lokal dalam pembelajaran matematika
yang disebut Culturally Responsive Teaching. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui presentase peningkatan
kreativitas dan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan
pembelajaran dengan pendekatan Culturally Responsive
Teaching. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
Kolaboratif (PTKK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi.
Dari penelitian diperoleh bahwa penerapan pendekatan
pembelajaran Culturally Responsive Teaching dapat
meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika peserta
didik khususnya pada materi statistika. Hasil kreativitas
peserta didik menunjukkan adanya peningkatan pada
prasiklus presentase rata-rata tingkat kreativitas adalah 55,56%
pada siklus I meningkat 69,31% dan pada siklus II menjadi
77,50%. Hasil belajar juga menunjukkan adanya peningkatan
pada prasiklus presentase ketuntasan belajar adalah 41,67%
pada siklus I meningkat 75% dan pada siklus II menjadi 86,11%.
References
Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Aronson B., Laughter J. (2016). The theory and practice of culturally relevant education. Review of Educational Research, 86, 163–206.
Bastomi, Suwaji. (1986). Kebudayaan Apresiasi Pendidikan Seni. Semarang: FKIP.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
D.F. Halpern. Thinking critically about creative thinking Runco M.A. (Ed.), Critical creative processes, Hampton Press (2003), pp. 189-207
Firdausi, Wahyu. (2023). “Peningkatan Hasil Belajar Dan Kreativitas Melalui Model Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Pada Siswa Kelas X-C Sma Negeri 1 Pamekasan”. (Skripsi), Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
KABU, T. E. (2021). PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN MODEL PjBL PADA MATERI BANGUN RUANG PRISMA. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 84–88. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.677
Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1107
Krisnadi, E., & Terbuka, U. (2022). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Sebagai Jembatan Proses Abstraksi Siswa untuk Pemahaman Konsep PENDAHULUAN Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi dan ilmu-ilmu pengetahuan . Hal tersebut mengindikasikan bahwa matemati. 14(1), 365–376.
Michael Vavrus, “Culturally Responsive Teaching”, dalam http: //www. michaelvavrus.com. Diakses pada tanggal 1 Juli 2023.
Nurliastuti, E., Dewi, N. R., & Priyatno, S. (2018). “Penerapan Model PBL Bernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa.” Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 99–104.
Rahmawati, F., & Marsigit. (2017). the Development of Teaching Material Based on Ethnomathematics for Improve Achievement and Motivation To Learn of Junior High School Students. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(6), 69–76.
Safitri, F. N., Reffiane, F., & Subekti, E. E. (2020). Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri Terhadap Hasil Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 492–498. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/29040
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Savriliana, V., Sundari, K., & Budianti, Y. (2020). Media Dakota (Dakon Matematika) Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1160–1166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.517
Sulistyawati, W., & Fauziyah, N. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Statistika melalui Pendekatan Diferensiasi Pembelajaran pada Peserta didik dengan Beragam Tingkat Kemampuan.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Widana, W., & Diartiani, P. A. (2021). Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Problem Based Learning Model Based on Ethnomatematics to Increase Activities a. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, X, 88–98
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Open Data and Software Publishing and Sharing
The journal strives to maximize the replicability of the research published in it. Authors are thus required to share all data, code or protocols underlying the research reported in their articles. Exceptions are permitted but have to be justified in a written public statement accompanying the article.
Datasets and software should be deposited and permanently archived inappropriate, trusted, general, or domain-specific repositories (please consult http://service.re3data.org and/or software repositories such as GitHub, GitLab, Bioinformatics.org, or equivalent). The associated persistent identifiers (e.g. DOI, or others) of the dataset(s) must be included in the data or software resources section of the article. Reference(s) to datasets and software should also be included in the reference list of the article with DOIs (where available). Where no domain-specific data repository exists, authors should deposit their datasets in a general repository such as ZENODO, Dryad, Dataverse, or others.
Small data may also be published as data files or packages supplementary to a research article, however, the authors should prefer in all cases a deposition in data repositories.