Peningkatan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching

Authors

  • Aning Fathonah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Syaiful Huda Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Benny Firmansah SMP Negeri 3 Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6508

Keywords:

Culturally Responsive Teaching, hasil belajar, kreativitas, pembelajaran matematika

Abstract

alah satu alasan matematika dianggap sulit adalah
matematika sering kali melibatkan konsep-konsep abstrak dan
pemikiran logis yang tidak langsung terlihat dalam dunia nyata
sehingga membingungkan bagi peserta didik yang lebih suka
belajar dengan konsep yang lebih konkret. Di sisi lain,
pendekatan pembelajaran yang diterapkan guru di kelas tidak
sesuai dengan karakter dan keseharian peserta didik. Tidak
heran jika sering dijumpai peserta didik yang kurang tertarik
dengan pembelajaran matematika dan cenderung cepat bosan.
Akibatnya kreativitas dan hasil belajar peserta didik menjadi
kurang optimal. Dalam rangka menumbuhkan suasana yang
dekat dengan kehidupan peserta didik dalam pembelajaran,
dengan harapan dapat meningkatkan kreativitas dan hasil
belajar peserta didik, salah satunya dapat dilakukan dengan
melibatkan budaya tempat tinggal peserta didik. Oleh karena
itu, diperlukan adanya pendekatan pembelajaran yang
mengaitkan budaya lokal dalam pembelajaran matematika
yang disebut Culturally Responsive Teaching. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui presentase peningkatan
kreativitas dan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan
pembelajaran dengan pendekatan Culturally Responsive
Teaching. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
Kolaboratif (PTKK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi.
Dari penelitian diperoleh bahwa penerapan pendekatan
pembelajaran Culturally Responsive Teaching dapat
meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika peserta
didik khususnya pada materi statistika. Hasil kreativitas
peserta didik menunjukkan adanya peningkatan pada
prasiklus presentase rata-rata tingkat kreativitas adalah 55,56%
pada siklus I meningkat 69,31% dan pada siklus II menjadi
77,50%. Hasil belajar juga menunjukkan adanya peningkatan
pada prasiklus presentase ketuntasan belajar adalah 41,67%
pada siklus I meningkat 75% dan pada siklus II menjadi 86,11%.

References

Ajmain, Herna, & Sitti Inaya Masrura. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12, 45–54.
Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Aronson B., Laughter J. (2016). The theory and practice of culturally relevant education. Review of Educational Research, 86, 163–206.
Bastomi, Suwaji. (1986). Kebudayaan Apresiasi Pendidikan Seni. Semarang: FKIP.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
D.F. Halpern. Thinking critically about creative thinking Runco M.A. (Ed.), Critical creative processes, Hampton Press (2003), pp. 189-207
Firdausi, Wahyu. (2023). “Peningkatan Hasil Belajar Dan Kreativitas Melalui Model Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Pada Siswa Kelas X-C Sma Negeri 1 Pamekasan”. (Skripsi), Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
KABU, T. E. (2021). PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN MODEL PjBL PADA MATERI BANGUN RUANG PRISMA. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 84–88. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.677
Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1107
Krisnadi, E., & Terbuka, U. (2022). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Sebagai Jembatan Proses Abstraksi Siswa untuk Pemahaman Konsep PENDAHULUAN Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi dan ilmu-ilmu pengetahuan . Hal tersebut mengindikasikan bahwa matemati. 14(1), 365–376.
Michael Vavrus, “Culturally Responsive Teaching”, dalam http: //www. michaelvavrus.com. Diakses pada tanggal 1 Juli 2023.
Nurliastuti, E., Dewi, N. R., & Priyatno, S. (2018). “Penerapan Model PBL Bernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa.” Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 99–104.
Rahmawati, F., & Marsigit. (2017). the Development of Teaching Material Based on Ethnomathematics for Improve Achievement and Motivation To Learn of Junior High School Students. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(6), 69–76.
Safitri, F. N., Reffiane, F., & Subekti, E. E. (2020). Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri Terhadap Hasil Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 492–498. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/29040
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Savriliana, V., Sundari, K., & Budianti, Y. (2020). Media Dakota (Dakon Matematika) Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1160–1166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.517
Sulistyawati, W., & Fauziyah, N. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Statistika melalui Pendekatan Diferensiasi Pembelajaran pada Peserta didik dengan Beragam Tingkat Kemampuan.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Widana, W., & Diartiani, P. A. (2021). Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Problem Based Learning Model Based on Ethnomatematics to Increase Activities a. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, X, 88–98

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Fathonah, A., Huda, S., & Firmansah, B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 248–257. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6508

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.