Pengaruh Konsep Diri Pada Kecemasan Dan Hasil Belajar Matematika: Kasus Pembelajaran Daring

  • Sarwo Edy Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Fatimatul Khikmiyah Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Dwi Melinda Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kecemasan dan hasil belajar matematika pada saat pembelajaran dengan moda daring peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021, dengan anggota sampel penelitian sebanyak 270 peserta didik yang dipilih dengan teknik proporsionall simple random sampling. Pengumpulan data konsep diri matematika dan kecemasan matematika menggunakan metode angket, dan data hasil belajar matematika berupa nilai UAS. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara konsep diri matematika terhadap kecemasan matematika dengan nilai C.R. sebesar  dengan taraf signifikan ; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan konsep diri matematika terhadap hasil belajar matematika dengan nilai C.R. sebesar  dengan taraf signifikan ; 3) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika dengan nilai C.R. sebesar  dengan taraf signifikan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 11, 2022
How to Cite
EDY, Sarwo; KHIKMIYAH, Fatimatul; MELINDA, Dwi. Pengaruh Konsep Diri Pada Kecemasan Dan Hasil Belajar Matematika: Kasus Pembelajaran Daring. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 28, n. 1, p. 42-53, feb. 2022. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/3709>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v28i1.3709.