Pengaruh Konsep Diri Pada Kecemasan Dan Hasil Belajar Matematika: Kasus Pembelajaran Daring

Authors

  • Sarwo Edy Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Fatimatul Khikmiyah Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Dwi Melinda Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i1.3709

Keywords:

Mathematics Self-Concept, Mathematics Anxiety, Mathematics Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kecemasan dan hasil belajar matematika pada saat pembelajaran dengan moda daring peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021, dengan anggota sampel penelitian sebanyak 270 peserta didik yang dipilih dengan teknik proporsionall simple random sampling. Pengumpulan data konsep diri matematika dan kecemasan matematika menggunakan metode angket, dan data hasil belajar matematika berupa nilai UAS. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara konsep diri matematika terhadap kecemasan matematika dengan nilai C.R. sebesar  dengan taraf signifikan ; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan konsep diri matematika terhadap hasil belajar matematika dengan nilai C.R. sebesar  dengan taraf signifikan ; 3) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika dengan nilai C.R. sebesar  dengan taraf signifikan

Downloads

Published

2022-02-11

How to Cite

Edy, S., Khikmiyah, F., & Melinda, D. (2022). Pengaruh Konsep Diri Pada Kecemasan Dan Hasil Belajar Matematika: Kasus Pembelajaran Daring. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(1), 42–53. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i1.3709

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.