Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kesepakatan Mangun Karsa Dengan Pendekatan Asah Asih Asuh Untuk Meningkatkan Budi Pekerti Peserta Didik

Authors

  • Muh Bisri Musthofa Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sarwo Edy Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Rudi Sugeng Haryadi SMP Negeri 1 Diwek

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6505

Keywords:

Budi Pekerti; Kesepakatan Mangun Karsa; Asah Asih Asuh

Abstract

Pendidikan di Indonesia mengalami penurunan signifikan akibat pandemi Covid-19, yang meliputi learning loss dan learning gap. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) mengambil langkah dengan menciptakan kurikulum merdeka yang didasarkan pada filosofi merdeka belajar yang bertujuan untuk pengembangan budi pekerti peserta didik. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan budi pekerti peserta didik sikap disiplin dan mandiri melalui penerapan kesepakatan mangun karsa dengan pendekatan asah asih asuh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII A semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 31 anak. Penelitian dimulai dengan tahap pra-siklus dan dilanjutkan melalui dua tahap siklus, di mana pada akhir setiap siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang telah diimplementasikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi dan data dokumentasi. Perolehan rata-rata persentase budi pekerti sikap disiplin dan mandiri pada peserta didik mengalami peningkatan, dimulai dari pra-siklus sebesar 49%, meningkat menjadi 63% pada siklus pertama, dan mencapai 80% pada siklus kedua.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan mengimplementasikan kesepakatan mangun karsa dengan pendekatan asah asih asuh pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan budi pekerti peserta didik sikap disiplin dan mandiri di kelas VII A SMP Negeri 1 Diwek.

References

Alhafizh, M. F., Effendi, C., Musthofa, R. F., & Najmura, T. A. (2021). Pancasila Sebagai Ideologi Negara
Dan Falsafah Negara. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 671–680.

Alifia, U., Barasa, A. R., Bima, L., Pramana, R. P., Revina, S., & Tresnatri, F. A. (2020). Belajar Dari
Rumah: Potret Ketimpangan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Catatan Penelitian
SMERU, 1(1), 1–7.

Ana, N. Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil
Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 21–28.
https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851
Arifin, M. (2017). Strategi Manajemen perubahan dalam meningkatkan disiplin di perguruan tinggi.
EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1).

Badriyana, S., Maidiyah, E., & Zubaidah, T. (2023). Penerapan Metode Outdoor Learning untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Statistika di SMPN 8 Satu Atap Cekal. Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Pendidikan Matematika, 8(1).

Dewantara, K. H. (2013). Ki Hadjar Dewantara (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka).
Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa.

Elviana, P. S. O. (2017). Pembentukan sikap mandiri dantanggung jawab melalui penerapan metode
sosiodrama dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila Dan
Kewarganegaraan, 3(1), 134–144.

Faul, E. (2015). Action research. In Pflege (Vol. 28, Issue 5). https://doi.org/10.1177/001872677602900302

Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh problem-based learning (PBL) terhadap
keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46.

Ihsan, H. F. (2011). Dasar-dasar Pendidikan. Jakrta: Rineka Cipta.

Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai
Landasan Pendidikan Vokasi di Era Kurikulum Merdeka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4).

Jayanti, A., & Widyaninggar, A. A. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa
Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,
4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106

Kemendikbud. (2020). Analisis Survei Cepat Pembelajaran dari Rumah dalam Masa Pencegahan COVID-19.
1–29.

Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Kajian Akademik, 130.

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal
MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402–413.

Kurniasih, D. N. (2018). Peningkatan kedisiplinan siswa melalui pembuatan peraturan kelas secara

kooperatif pada siswa kelas V SDN BEJI, WATES, KULON PROGO. Journal of Materials Processing
Technology, 1(1), 1–8.
http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0
Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0
Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.127252%0Ahttp://dx.doi.o

Mardikarini, S., & Putri, L. C. K. (2020). Pemantauan kedisiplinan siswa melalui penetapan indikator
perilaku disiplin siswa kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 30–37.

Hadda. (2023). Meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab menggunakan reward sticker bergambar
pada kelas 5b sd negeri 207/iv kota jambi tesis.

Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran
matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 1214–1223.

Nurohmah, A. N., Kartini, D., & Rustini, T. (2023). Relevansi Kebijakan Kurikulum Merdeka Dengan
Pendidikan Abad 21 Pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 9(3),
24–35. https://doi.org/10.5281/zenodo.7594483

Palupi, W. K. S., & Sari, E. Y. (2023). Nilai Karakter Disiplin Dan Mandiri Siswa Kelas 3 Melalui Gerakan
Literasi Sekolah. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(1), 24–37.

Pasca, P., Magister, S., Pendidikan, M., Esema, D., Susari, E., & Kurniawan, D. (2003). Problem-Based
Learning. 167–174.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, N. 22 T. 2020. (2020). Nomor 22
Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 20202024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan,

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-
Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Putri, T. A., & Nasution, M. I. S. (2020). Implementasi Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Pada
Smk Tamansiswa Di Kota Tebing Tinggi. Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(1), 84.
https://doi.org/10.24114/ph.v5i1.18277

Rosita, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2022). Pendidikan Karakter Nilai Disiplin Dan Tanggung
Jawab Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 449–456.

Sa’ida, N. (2016). Kemandirian Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Mandiri Desa Sumber Asri
Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Jurnal Pedagogi, 2(3), 20160.

Santi, I. A. G. (2019). Pengaruh Metode Outdoor Learning Berbantu Gadget Terhadap Keterampilan Generik
Sains Peserta Didik Kelas X Di Sman 1 Tanjung Bintang. UIN Raden Intan Lampung.

Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan disiplin belajar siswa melalui manajemen kelas. Jurnal
Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 233–241.

Sari, D. Y. (2018). Pengaruh Bimbingan Guru dalam Mengembangkan Kemandirian dan Kedisiplinan
Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 35–44.
https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4436

Setyawan, A. D., Masjid, A. Al, & Trisharsiwi, T. (2021). Implementasi Ajaran Asah Asih Asuh Pada
Pembelajaran Daring Mata Kuliah Karawitan Di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Ajaran
Tamansiswa. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(2).
https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i2.9170

Siahaan, N. A., & Tantu, Y. R. P. (2022). Penerapan Peraturan dan Prosedur Kelas Dalam Membentuk
Sikap Disiplin Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 127–133.
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1682
Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal
Basicedu, 6(4), 7486–7495.

Sukendar, A., Usman, H., & Jabar, C. S. A. (2019). Teaching-loving-caring (asah-asih-asuh) and semi-
military education on character education management. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 292–304.
https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.24452

Suryalaga, H. R. H. (2010). Kasundaan Rawayan Jati. Bandung: Yayasan Nur Hidayah.

Titik Anggraeni. (2019). Pengaruh Peraturan Kelas Terhadap Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun Di Kb
Tk Pkp Jakarta Islamic School Ciracas Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan PAUD, 03(1), 109–110.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya
Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics
Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Musthofa, M. B., Edy, S., & Haryadi, R. S. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kesepakatan Mangun Karsa Dengan Pendekatan Asah Asih Asuh Untuk Meningkatkan Budi Pekerti Peserta Didik. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 214–228. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6505

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.