Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kesepakatan Mangun Karsa Dengan Pendekatan Asah Asih Asuh Untuk Meningkatkan Budi Pekerti Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6505Keywords:
Budi Pekerti; Kesepakatan Mangun Karsa; Asah Asih AsuhAbstract
Pendidikan di Indonesia mengalami penurunan signifikan akibat pandemi Covid-19, yang meliputi learning loss dan learning gap. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) mengambil langkah dengan menciptakan kurikulum merdeka yang didasarkan pada filosofi merdeka belajar yang bertujuan untuk pengembangan budi pekerti peserta didik. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan budi pekerti peserta didik sikap disiplin dan mandiri melalui penerapan kesepakatan mangun karsa dengan pendekatan asah asih asuh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII A semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 31 anak. Penelitian dimulai dengan tahap pra-siklus dan dilanjutkan melalui dua tahap siklus, di mana pada akhir setiap siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang telah diimplementasikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi dan data dokumentasi. Perolehan rata-rata persentase budi pekerti sikap disiplin dan mandiri pada peserta didik mengalami peningkatan, dimulai dari pra-siklus sebesar 49%, meningkat menjadi 63% pada siklus pertama, dan mencapai 80% pada siklus kedua.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan mengimplementasikan kesepakatan mangun karsa dengan pendekatan asah asih asuh pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan budi pekerti peserta didik sikap disiplin dan mandiri di kelas VII A SMP Negeri 1 Diwek.
References
Dan Falsafah Negara. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 671–680.
Alifia, U., Barasa, A. R., Bima, L., Pramana, R. P., Revina, S., & Tresnatri, F. A. (2020). Belajar Dari
Rumah: Potret Ketimpangan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Catatan Penelitian
SMERU, 1(1), 1–7.
Ana, N. Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil
Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 21–28.
https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851
Arifin, M. (2017). Strategi Manajemen perubahan dalam meningkatkan disiplin di perguruan tinggi.
EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1).
Badriyana, S., Maidiyah, E., & Zubaidah, T. (2023). Penerapan Metode Outdoor Learning untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Statistika di SMPN 8 Satu Atap Cekal. Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Pendidikan Matematika, 8(1).
Dewantara, K. H. (2013). Ki Hadjar Dewantara (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka).
Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa.
Elviana, P. S. O. (2017). Pembentukan sikap mandiri dantanggung jawab melalui penerapan metode
sosiodrama dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila Dan
Kewarganegaraan, 3(1), 134–144.
Faul, E. (2015). Action research. In Pflege (Vol. 28, Issue 5). https://doi.org/10.1177/001872677602900302
Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh problem-based learning (PBL) terhadap
keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46.
Ihsan, H. F. (2011). Dasar-dasar Pendidikan. Jakrta: Rineka Cipta.
Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai
Landasan Pendidikan Vokasi di Era Kurikulum Merdeka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4).
Jayanti, A., & Widyaninggar, A. A. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa
Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,
4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106
Kemendikbud. (2020). Analisis Survei Cepat Pembelajaran dari Rumah dalam Masa Pencegahan COVID-19.
1–29.
Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Kajian Akademik, 130.
Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal
MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402–413.
Kurniasih, D. N. (2018). Peningkatan kedisiplinan siswa melalui pembuatan peraturan kelas secara
kooperatif pada siswa kelas V SDN BEJI, WATES, KULON PROGO. Journal of Materials Processing
Technology, 1(1), 1–8.
http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0
Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0
Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.127252%0Ahttp://dx.doi.o
Mardikarini, S., & Putri, L. C. K. (2020). Pemantauan kedisiplinan siswa melalui penetapan indikator
perilaku disiplin siswa kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 30–37.
Hadda. (2023). Meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab menggunakan reward sticker bergambar
pada kelas 5b sd negeri 207/iv kota jambi tesis.
Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran
matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 1214–1223.
Nurohmah, A. N., Kartini, D., & Rustini, T. (2023). Relevansi Kebijakan Kurikulum Merdeka Dengan
Pendidikan Abad 21 Pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 9(3),
24–35. https://doi.org/10.5281/zenodo.7594483
Palupi, W. K. S., & Sari, E. Y. (2023). Nilai Karakter Disiplin Dan Mandiri Siswa Kelas 3 Melalui Gerakan
Literasi Sekolah. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(1), 24–37.
Pasca, P., Magister, S., Pendidikan, M., Esema, D., Susari, E., & Kurniawan, D. (2003). Problem-Based
Learning. 167–174.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, N. 22 T. 2020. (2020). Nomor 22
Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 20202024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan,
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-
Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Putri, T. A., & Nasution, M. I. S. (2020). Implementasi Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Pada
Smk Tamansiswa Di Kota Tebing Tinggi. Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(1), 84.
https://doi.org/10.24114/ph.v5i1.18277
Rosita, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2022). Pendidikan Karakter Nilai Disiplin Dan Tanggung
Jawab Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 449–456.
Sa’ida, N. (2016). Kemandirian Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Mandiri Desa Sumber Asri
Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Jurnal Pedagogi, 2(3), 20160.
Santi, I. A. G. (2019). Pengaruh Metode Outdoor Learning Berbantu Gadget Terhadap Keterampilan Generik
Sains Peserta Didik Kelas X Di Sman 1 Tanjung Bintang. UIN Raden Intan Lampung.
Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan disiplin belajar siswa melalui manajemen kelas. Jurnal
Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 233–241.
Sari, D. Y. (2018). Pengaruh Bimbingan Guru dalam Mengembangkan Kemandirian dan Kedisiplinan
Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 35–44.
https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4436
Setyawan, A. D., Masjid, A. Al, & Trisharsiwi, T. (2021). Implementasi Ajaran Asah Asih Asuh Pada
Pembelajaran Daring Mata Kuliah Karawitan Di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Ajaran
Tamansiswa. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(2).
https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i2.9170
Siahaan, N. A., & Tantu, Y. R. P. (2022). Penerapan Peraturan dan Prosedur Kelas Dalam Membentuk
Sikap Disiplin Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 127–133.
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1682
Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal
Basicedu, 6(4), 7486–7495.
Sukendar, A., Usman, H., & Jabar, C. S. A. (2019). Teaching-loving-caring (asah-asih-asuh) and semi-
military education on character education management. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 292–304.
https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.24452
Suryalaga, H. R. H. (2010). Kasundaan Rawayan Jati. Bandung: Yayasan Nur Hidayah.
Titik Anggraeni. (2019). Pengaruh Peraturan Kelas Terhadap Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun Di Kb
Tk Pkp Jakarta Islamic School Ciracas Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan PAUD, 03(1), 109–110.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya
Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics
Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Open Data and Software Publishing and Sharing
The journal strives to maximize the replicability of the research published in it. Authors are thus required to share all data, code or protocols underlying the research reported in their articles. Exceptions are permitted but have to be justified in a written public statement accompanying the article.
Datasets and software should be deposited and permanently archived inappropriate, trusted, general, or domain-specific repositories (please consult http://service.re3data.org and/or software repositories such as GitHub, GitLab, Bioinformatics.org, or equivalent). The associated persistent identifiers (e.g. DOI, or others) of the dataset(s) must be included in the data or software resources section of the article. Reference(s) to datasets and software should also be included in the reference list of the article with DOIs (where available). Where no domain-specific data repository exists, authors should deposit their datasets in a general repository such as ZENODO, Dryad, Dataverse, or others.
Small data may also be published as data files or packages supplementary to a research article, however, the authors should prefer in all cases a deposition in data repositories.