Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kesepakatan Mangun Karsa Dengan Pendekatan Asah Asih Asuh Untuk Meningkatkan Budi Pekerti Peserta Didik

  • Muh Bisri Musthofa Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sarwo Edy Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Rudi Sugeng Haryadi SMP Negeri 1 Diwek

Abstract

Pendidikan di Indonesia mengalami penurunan signifikan akibat pandemi Covid-19, yang meliputi learning loss dan learning gap. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) mengambil langkah dengan menciptakan kurikulum merdeka yang didasarkan pada filosofi merdeka belajar yang bertujuan untuk pengembangan budi pekerti peserta didik. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan budi pekerti peserta didik sikap disiplin dan mandiri melalui penerapan kesepakatan mangun karsa dengan pendekatan asah asih asuh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII A semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 31 anak. Penelitian dimulai dengan tahap pra-siklus dan dilanjutkan melalui dua tahap siklus, di mana pada akhir setiap siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang telah diimplementasikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi dan data dokumentasi. Perolehan rata-rata persentase budi pekerti sikap disiplin dan mandiri pada peserta didik mengalami peningkatan, dimulai dari pra-siklus sebesar 49%, meningkat menjadi 63% pada siklus pertama, dan mencapai 80% pada siklus kedua.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan mengimplementasikan kesepakatan mangun karsa dengan pendekatan asah asih asuh pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan budi pekerti peserta didik sikap disiplin dan mandiri di kelas VII A SMP Negeri 1 Diwek.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 30, 2023
How to Cite
MUSTHOFA, Muh Bisri; EDY, Sarwo; HARYADI, Rudi Sugeng. Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kesepakatan Mangun Karsa Dengan Pendekatan Asah Asih Asuh Untuk Meningkatkan Budi Pekerti Peserta Didik. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 29, n. 2, p. 214-228, sep. 2023. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/6505>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6505.