PENGGUNAAN TEKNIK PICTURE CUED STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING SISWA KELAS XI-IPA DI MA MIFTAHUL ULUM BETTET PAMEKASAN

  • Fujiono Fujiono
  • Khairuddin Khairuddin

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
menemukan peningkatan kemampuan speaking siswa kelas XI IPA-A pada
semester genap, tahun pelajaran 2016/2017, dan siswa kelas XI IPA-B dan XI
IPA-C pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 di MA Miftahul Ulum
Bettet Pamekasan melalui penggunaan teknik Picture Cued Storytelling.
Disamping itu, penelitian ini juga menggambarkan proses belajar mengajar
tentang penggunaan teknik picture cued storytelling di kelas XI IPA MA Miftahul
Ulum Bettet Pamekasan.
Penelitian ini dilakasanakan didalam bentuk pre-riset dan post tes pada
siklus dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, seperti tahap
perencanaan, tahap implementasi, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Data dari
hasil penelitian ini dikumpulkan melalui ceklis pengamatan, kuesioner, dan rubrik
penilaian speaking.
Dari hasil pengamatan dan kuesioner dapat disimpulkan bahwa siswa
mengikuti proses belajar mengajar dengan baik, mereka bisa menunjukkan minat
dan sikap percaya diri mereka terhadap materi speaking.
Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada peningkatan
kemampuan speaking siswa kelas XI IPA, hal ini dapat dilihat pada persentase
kesuksesan dan nilai rata-rata pada setiap siklus. Pada tahap pre-riset dijelaskan
bahwa nilai rata-rata KKM siswa kelas XI-IPA A adalah 61,44 dengan persentase
kesuksean 32%, sedangkan nilai rata-rata KKM siswa kelas XI-IPA B adalah 63,6
dengan persentase kesuksesan 36,66%, dan nilai rata-rata KKM siswa kelas XIIPA
C adalah 66 dengan persentase kesuksesan 43,75%. Pada tahap siklus 1
dijelaskan bahwa nilai rata-rata KKM siswa kelas XI-IPA A adalah 75,04 dengan
persentase kesuksesan 76%, sedangkan nilai rata-rata KKM siswa kelas XI-IPA B
adalah 76 dengan persentase kesuksesan 76,66%, dan nilai rata-rata KKM siswa
kelas XI-IPA C adalah 70, 625 dengan persentase kesuksesan 53, 125%. Pada
tahap siklus 2 dijelaskan bahwa nilai rata-rata KKM siswa kelas XI IPA C adalah
76, 875 dengan persentase kesuksesan 84, 375%.
Berdasarkan data diatas, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan teknik
picture cued storytelling dapat meningkatkan kemampuan speaking siswa kelas
XI-IPA di MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 9, 2018
How to Cite
FUJIONO, Fujiono; KHAIRUDDIN, Khairuddin. PENGGUNAAN TEKNIK PICTURE CUED STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING SISWA KELAS XI-IPA DI MA MIFTAHUL ULUM BETTET PAMEKASAN. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 150-170, apr. 2018. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/335>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v24i2.335.
Section
Articles