Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Komputasional Matematis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

  • Cahyo Putra Perdana Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sri Suryanti Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Mulyono Mulyono SMP Negeri 14 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6504

Keywords:

Era Society 5.0; Keterampilan Berpikir Komputasional Matematis; Problem Based Learning

Abstract

Keterampilan berpikir komputasional merupakan keterampilan yang dibutuhkan pada era 5.0 . Sehingga, pada kurikulum merdeka menteri pendidikan indonesia menambahkan keterampilan berpikir komputasional dalam proses pembelajaran. Walaupun keterampilan berpikir komputasional menjadi keterampilan yang dibutuhkan pada masa kini, banyak peserta didik yang belum mampu berpikir komputasional. Hal tersebut, ditunjukkan pada saat pembelajaran khusunya pada pembelajaran matematika kebanyakan peserta didik yang menggunakan rumus tanpa mengetahui konsepnya. Ketika suatu permasalahan diubah banyak peserta didik tidak dapat memecahkan permasalahan tersebut. Oleh sebab itu, guru mengupayakan keterampilan berpikir komputasional matematis melalui pembelajaran PBL (problem based learning). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berpikir komputasional melalui model PBL. PTK (Penelitian Tindakan Kelas) merupakan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini. Peserta didik SMP Negeri 14 Surabaya kelas VII B pada tahun ajaran 2022 – 2023 merupakan subjek dari penelitian ini dengan materi bangun ruang sisi datar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan tes keterampilan berpikir komputasional matematis. Instrumen dalam penelitian ini adalah asesmen diagnostik, modul ajar, tes formatif dan lembar kerja peserta didik. Hasil dari data yang diperoleh adalah keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah matematika semakin meningkat. Hal tersebut, dikarenakan keterampilan peserta didik dalam berpikir komputasional matematis mengalami peningkatan melalui upaya pembelajaran dengan model PBL. Peningkatan keterampilan berpikir komputasional matematis, terlihat dari ketuntasan klasikal yang meningkat dari prasiklus hingga siklus III berturut – turut adalah 0% , 50 %, 70 % dan 77 %. Sehingga dari peningkatan ketuntasan klasikal tersebut peneliti mengambil kesimpulan, dengan model PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir komputasional matematis.

 

References

Andriani, N., Hidayat, A., & Setiawan, A. M. (2023). The Development of Electronic Module Based on
Problem Based Learning on Vibration and Wave. AIP Conference Proceedings, 2569(1), 60011.
https://doi.org/10.1063/5.0131246/2869830

Harti, Y. P., Sari, L., Agustin, A., & Budijanto, B. (2022). Mengenal Computasional Thingking (Salah
Satu Kompetensi Baru Dalam Kurikulum Merdeka 2022). Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains,
Teknologi, Dan Sosial Budaya, 28(4), 7–14. https://doi.org/10.33503/PARADIGMA.V28I4.2604

Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Kencana.

Khasanah, U., Siswandari, S., & Murwaningsih, T. (2023). Implementation of Problem-Based Learning
to Improve Student Learning Outcomes for Economics Subject. International Journal of
Multicultural and Multireligious Understanding, 10(1), 266–273.
https://doi.org/10.18415/IJMMU.V10I1.4326

Kong, S.-C., & Abelson, H. (2019). Computational Thinking Education (1st ed.). Springer Singapore.
https://doi.org/10.1007/978-981-13-6528-7

Kusumawati, E. R., & Achmad, S. (2022). Pelatihan computational thinking guru MI se-Kecamatan
Pabelan, Kabupaten Semarang. Penamas: Journal of Community Service, 2(1), 18–28.
https://doi.org/10.53088/PENAMAS.V2I1.283

Lee, J., Joswick, C., & Pole, K. (2023). Classroom Play and Activities to Support Computational Thinking
Development in Early Childhood. Early Childhood Education Journal, 51(3), 457–468.
https://doi.org/10.1007/S10643-022-01319-0/METRICS

Marom, S. (2023). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN WOLFRAMS MATHEMATICA DALAM INJEKSI
CARA BERPIKIR KOMPUTASIONAL PADA PROSES PEMODELAN MATEMATIKA. Teorema:
Teori Dan Riset Matematika, 8(1), 81–87. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.7933

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika . Deepublish.
https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=jHGNDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=manfa
at+media+pembelajaran+matematika&ots=RttFYchXWe&sig=utZ1o_GORXB39S3qYeU4mfmMe
BU&redir_esc=y#v=onepage&q=manfaat%20media%20pembelajaran%20matematika&f=false

Ni Putu Dyah, N., I Gusti Agung Ayu, W., & Sujana, I. W. (2020). Enhancement of Mathematics Critical
Thinking Skills through Problem Based Learning Assisted with Concrete Media. Journal of
Education Technology, 4(3), 254–263. https://doi.org/10.23887/JET.V4I3.25552

Nurasiah, Paristiowati, M., Erdawati, & Afrizal. (2023). Integration Of Technology In Problem-Based
Learning To Improve Students Computational Thinking: Implementation On Polymer Topics.
International Journal of Social and Management Studies, 4(2), 65–73.
https://doi.org/10.5555/IJOSMAS.V4I2.280

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). In deepublish (1st ed.).
Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=djX4DwAAQBAJ

Pebriyanti, D. (2023). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pemenuhan
Kebutuhan Belajar Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN
TEKNOLOGI, 5(01), 89–96. https://doi.org/10.53863/KST.V5I01.692

Podcast, P., Mengembangkan, U., Berpikir, K., Siswa, K., Pandemi, G., Tyara Augie, K., & Priatna, N.
(2021). Penggunaan Podcast Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Komputasi Siswa
selama Gangguan Pandemi. Didactical Mathematics, 3(1), 41–47.
https://doi.org/10.31949/DM.V3I1.1042

Pratiwi, G. L., & Akbar, B. (2022). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP
KETERAMPILAN COMPUTATIONAL THINKING MATEMATIS SISWA KELAS IV SDN
KEBON BAWANG 03 JAKARTA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 375–385.
https://doi.org/10.36989/DIDAKTIK.V8I1.302

Puspita, Y., Fitriani, Y., Astuti, S., & Novianti, S. (2020). SELAMAT TINGGAL REVOLUSI INDUSTRI
4.0, SELAMAT DATANG REVOLUSI INDUSTRI 5.0. 122–130. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3794/3565

Sani, R. A. (2016). Penilaian Autentik (R. D. Aningtyas, Ed.). PT. Bumi Aksara.

Satrio, W. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran KADIR (Koneksi, Aplikasi, Diskursus, Improvisasi, dan
Refleksi) Terhadap Keterampilan berpikir Komputasional Matematis Siswa. UIN Syarif Hidayatullah.
Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD Publishing.

Sumiadi, R., & Jamil, N. (2023). Penerapan Media Pohon Ilmu Untuk Meningkatkan Kemampuan
Berhitung Siswa Kelas III SDN Sesaiat. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 2442–9511.
https://doi.org/10.58258/JIME.V9I1.4750

Voon, X. P., Wong, S. L., Wong, L. H., Khambari, M. N. M., & Syed-Abdullah, S. I. S. (2022). Developing
Computational Thinking Competencies through Constructivist Argumentation Learning: A
Problem-Solving Perspective. International Journal of Information and Education Technology, 12(6),
529–539. https://doi.org/10.18178/IJIET.2022.12.6.1650

Wahyuni, D., Kunci, K., Bahasa, L., Numerasi, L., & Kompetensi Minimum, A. (2023). The Effect of
Language Literacy and Numerical Literacy on the Result of the Minimum Competency
Assessment (AKM) of SMAN Ploso Jombang. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 225–237.
https://doi.org/10.51276/EDU.V4I1.315

Warso, A. W. D. D. (2021). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Dan Dilengkapi Contohnya (1st ed.).
Deepublish.
https://www.google.co.id/books/edition/Mengenal_Penelitian_Tindakan_Kelas_Dan_D/ULkvE
AAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=penelitian+tindakan+kelas+adalah&printsec=frontcover

Widodo, S., Cilviani, C., Rahayu, P., & Ramarumo, T. (2023). Elementary school students computational
thinking skills in learning-based 3D-Geometry problem. Indomath: Indonesian Mathematics
Education, 6(1), 1–10. https://indomath.org/index.php/

Wijanto, M. C., Tan, R., Sujadi, F. S., Panca, B. S., Toba, H., Yulianti, D. T., Budi, S., Santoso, S., Widjaja,
A., Nathasya, R. A., Kurniawati, G., & Karnalim, O. (2021). Implementasi Computational
Thinking Melalui Pemrograman Visual dengan Kolaborasi Mata Pelajaran pada Siswa Menengah
Atas. Sendimas.Ukdw.Ac.Id, 50–55. https://sendimas.ukdw.ac.id/index.php/2021/article/view/15

Ye, H., Liang, B., Ng, O. L., & Chai, C. S. (2023). Integration of computational thinking in K-12


mathematics education: a systematic review on CT-based mathematics instruction and student
learning. International Journal of STEM Education, 10(1), 1–26. https://doi.org/10.1186/S40594-02300396-W/FIGURES/10

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Perdana, C. P., Suryanti, S., & Mulyono, M. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Komputasional Matematis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 199–213. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6504

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 

You may also start an advanced similarity search for this article.