Buku Ajar Pengembangan Pembelajaran IPS SD Berbasis Praktik untuk Mahasiswa PGSD

Authors

  • Arya Setya Nugroho Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i1.6803

Keywords:

buku, IPS, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu produk berupa buku ajar Pengembangan Pembelajaran IPS SD berbasis praktik,. Pendekatan penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan desain pengembangan pembelajaran analysis, design, development, implementation, dan evaluation (ADDIE). Produk akhir penelitian ini berupa buku ajar yang telah divevaluasi oleh ahli materi, ahli desain, serta uji terbatas. Penelitian pengembangan ini menghasilkan (1) buku ajar berbasis praktik dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan (need assesment) mahasiswa dan dapat digunakan pada pembelajaran IPS di SD, (2) buku ajar yang menarik bagi mahasiswa dilihat dari respon mahasiswa yang positif, dan (3) buku ajar yang bermanfaat untuk pembelajaran dilihat dari peningkatan hasil belajar mahasiswa atau peningkatan jumlah mahasiswa yang tuntas KKM.

References

Belawati, T., & Andriani. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Daniel, D. B., & Woody, W. D. (2013). E-textbooks at what cost? Performance and use of electronic v. print texts. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.10.016

Depdiknas. (2007). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Dirjen Dikti Depdiknas.

Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Depdiknas.

Devetak, I., & Vogrinc, J. (2013). The Criteria for Evaluating the Quality of the Science Textbooks. In Critical Analysis of Science Textbooks. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4168-3_1

Herreid, C. F. 2 herreid@buffalo. ed., & Schiller, N. A. . (2013). Case Studies and the Flipped Classroom. Journal of College Science Teaching. https://doi.org/doi.org.proxy2.lib.umanitoba.ca/10.1

Ian. (2011). Definisi Bahan Ajar. http://jaririndu.blogspot.co.id/2011/09

Ismawati, I. (2011). Metode Penelitian Bahasa dan sastra. Yama Pustaka.

Musilekwa, S., & Mulenga, I. (2019). Development of Social Studies Learners’ Textbooks for Secondary Schools in Zambia. Journal of Education and Practice. https://doi.org/10.7176/jep/10-6-14

Muslich, M. (2010). Text Book Writing. Ar-Ruzz Media.

Nuriyah, D., Sutarto, & Prihatin, J. (2020). The development of environmental change textbook based on STEM-Cp to improve problem-solving skills in high school biology learning. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012054

Pocoví, M. C. (2007). The effects of a history-based instructional material on the students’ understanding of field lines. Journal of Research in Science Teaching. https://doi.org/10.1002/tea.20175

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. DIVA Press.

Puspita. (2011). Pengembangan Bahan Ajar.

Saglam, H. I. (2011). An investigation on teaching materials used in social studies. Turkish Online Journal of Educational Technology.

Shannon, P. (2010). Textbook development and selection. In International Encyclopedia of Education. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-044894-7.00065-8

Suyono, & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Tekerek, M., & Tekerek, B. (2018). Integrated instructional material and development processes. Turkish Journal of Education. https://doi.org/10.19128/turje.362491

Downloads

Published

2022-04-05

How to Cite

Nugroho, A. S. (2022). Buku Ajar Pengembangan Pembelajaran IPS SD Berbasis Praktik untuk Mahasiswa PGSD. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(1), 120–129. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i1.6803

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.