PENINGKATAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PGSD DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW

Authors

  • Arya Setya Nugroho

Keywords:

Berpikir Kreatif, belajar, lesson study, jigsaw

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kemampuan mahasiswa yang kurang sensitif terhadap masalah-masalah, memunculkan solusi dari permasalahan yang ada, kurang dalam memunculkan jawaban alternatif, kurang dalam mencari solusi suatu permasalahan. Solusi yang diberikan untuk mengatasi adalah dengan menerapakan model pembelajaran jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan berpikir kreatif mahasiswa terhadap model pembelajaran jigsaw. Metode yang diterapkan dalam peneletian ini adalah lesson study yang terdiri dari 3 siklus. Instrumen yang digunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dan aktivitas dalam pembelajaran mengalami peningkatan di setiap siklusnya dan memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Downloads

Published

2017-11-16

How to Cite

Nugroho, A. S. (2017). PENINGKATAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PGSD DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 23(1), 11–17. Retrieved from https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/125

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.