Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik

Authors

  • Olivia Khufyatul Adhimah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Alya Azhari Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6513

Keywords:

Pembelajaran berdiferensiasi, kearifan lokal, keaktifan belajar

Abstract

Hasil pembelajaran berdiferensiasi belum bermakna karena tidak memenuhi kebutuhan peserta didik untuk belajar. Peserta didik belum mengenai konten materi kearifan lokal yang dipelajari. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar peserta didik yang terjadi saat diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi berbasis kearifan lokal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dengan tahapan lesson study yakni plan, do, see. Subjek yang terlibat pada penelitian ini merupakan 34 peserta didik kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan persentase keaktifan belajar peserta didik pada pra-siklus sebesar 35% dan mengalami peningkatan pada siklus 1 menjadi 68% dan meningkat kembali pada siklus 2 menjadi 84%. Persentase masing-masing aspek pada siklus 2 adalah 86% pada aspek perhatian, 94% pada kerjasama, 80% pada mengajukan pertanyaan, serta 76% pada aspek pemecahan masalah. Keempat aspek tersebut telah mencapai kategori tinggi, artinya pada setiap aspek keaktifan belajar peserta didik telah mencapai kategori tinggi yang merupakan kategori paling baik. Dengan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.

References

Asmani, J. M. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan. Diva Press.
Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan bahan ajar media pembelajaran berbasis kearifan lokal mahasiswa pendidikan matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37-47.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 10-15.
Laia, I. S. A., Sitorus, P., Surbakti, M., Simanullang, E. N., Tumanggor, R. M., & Silaban, B. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 314-321.
Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan antara gaya belajar dan keaktifan belajar matematika terhadap hasil belajar siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83-88.
Rivalina, R., & Siahaan, S. (2020). Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran: Kearah pembelajaran berpusat pada peserta didik. Jurnal Teknodik, 73-87.
Rizal, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sdm 020 Kuok. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 105-117.
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran berbasis kearifan lokal di sekolah dasar: Sebuah kerangka konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1).
Sularso, K. S. (2016). Penanaman kearifan Lokal dalam Penanaman Karakter. Jakarta: Pradnya Paramita.
Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. Ascd.
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529-535.
Zamzami, N. D., Nurhayati, N., Sofiyulloh, M. W., & Salimi, M. (2017, October). Ragam Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Adhimah, O. K., Fauziyah, N., & Azhari, A. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 309–318. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6513

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.