Identifikasi Kemandirian Belajar Siswa di Ma Nurul Islam Lumajang Pada Materi Fluida Dinamis Melalui Pengamatan Video Berbasis TBLA

  • Selvia Selvia Universitas Jambi
  • Nova Susanti Universitas Jambi
  • Alrizal Alrizal Universitas Jambi
  • Khoiriyah Khoiriyah Universitas Jambi

Abstract

Pengamatan pembelajaran dilakukan guna mengevaluasi proses pembelajaran yang telah terlaksana. Apakah sudah berjalan dengan baik atau perlu adanya perbaikan. Pengamatan pembelajaran bisa dilakukan tanpa melakukan proses pembelajaran secara langsung melainkan melalui pengamatan video. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemandirian belajar siswa dengan menganalisis isi video rekaman pembelajaran menggunakan TBLA dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus: observasi video dengan pendekatan penelitian metode campuran. Jenis observasi yang digunakan adalah observasi non partisipan. Dengan jumlah observer enam orang termasuk peneliti. Berdasarkan hasil analisis yang ditunjukkan melalui dialog interaksi pada grafik satuan kata, pertemuan pertama diperoleh angka tingkat kemandirian dengan persentase masing-masing indikator sebesar 7%, 16,9%,5,9%,13,5% dan 16%. Pertemuan kedua dengan persentase 11%,23%,20%,20% dan 25%. Terlihat dari perolehan persentase pada dua kali pertemuan pembelajaran, dapat disimpulkan tingkat kemandirian siswa dalam belajar di kelas XI MA Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang pada materi fluida dinamis masih tergolong rendah. Maka saran yang terkandung dalam penelitian ini adalah guru dapat merefleksikan pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan menganalisis hasil proses pembelajaran menggunakan teknik TBLA dan merancang pembelajaran yang lebih baik untuk memperbaiki kekurangan pada pembelajaran sebelumnya sehingga akan mewujudkan kemandirian belajar siswa lebih baik lagi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 16, 2024
How to Cite
SELVIA, Selvia et al. Identifikasi Kemandirian Belajar Siswa di Ma Nurul Islam Lumajang Pada Materi Fluida Dinamis Melalui Pengamatan Video Berbasis TBLA. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 34-47, feb. 2024. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/6921>. Date accessed: 03 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.6921.