Identifikasi Kemandirian Belajar Siswa di Ma Nurul Islam Lumajang Pada Materi Fluida Dinamis Melalui Pengamatan Video Berbasis TBLA

Authors

  • Selvia Selvia Universitas Jambi
  • Nova Susanti Universitas Jambi
  • Alrizal Alrizal Universitas Jambi
  • Khoiriyah Khoiriyah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.6921

Keywords:

TBLA ; Kemandirian belajar ; Pengamatan video

Abstract

Pengamatan pembelajaran dilakukan guna mengevaluasi proses pembelajaran yang telah terlaksana. Apakah sudah berjalan dengan baik atau perlu adanya perbaikan. Pengamatan pembelajaran bisa dilakukan tanpa melakukan proses pembelajaran secara langsung melainkan melalui pengamatan video. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemandirian belajar siswa dengan menganalisis isi video rekaman pembelajaran menggunakan TBLA dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus: observasi video dengan pendekatan penelitian metode campuran. Jenis observasi yang digunakan adalah observasi non partisipan. Dengan jumlah observer enam orang termasuk peneliti. Berdasarkan hasil analisis yang ditunjukkan melalui dialog interaksi pada grafik satuan kata, pertemuan pertama diperoleh angka tingkat kemandirian dengan persentase masing-masing indikator sebesar 7%, 16,9%,5,9%,13,5% dan 16%. Pertemuan kedua dengan persentase 11%,23%,20%,20% dan 25%. Terlihat dari perolehan persentase pada dua kali pertemuan pembelajaran, dapat disimpulkan tingkat kemandirian siswa dalam belajar di kelas XI MA Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang pada materi fluida dinamis masih tergolong rendah. Maka saran yang terkandung dalam penelitian ini adalah guru dapat merefleksikan pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan menganalisis hasil proses pembelajaran menggunakan teknik TBLA dan merancang pembelajaran yang lebih baik untuk memperbaiki kekurangan pada pembelajaran sebelumnya sehingga akan mewujudkan kemandirian belajar siswa lebih baik lagi.

References

Achmad Ali Fikri, Syamsul Arifin, M. F. F. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran 4C Creative Thinking, Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration, dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di MIN 01 Kepahiang SKRIPSI. Tarbiyah Al-Awlad, 2(8.5.2017), 2003–2005.
Amintarti, S., Winarti, A., Sholahuddin, A., Syahmani, S., & Wati, M. (2020). Penerapan Transcript Based Lesson Analysis (Tbla) Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Kimia. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 149. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i2.8219
Arischa, S. (2019). Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Universitas Riau, 6(Edisi 1 Januari-Juni 2019), 1–15. http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000
Audhiha, M., Vebrianto, R., Habibi, M., Febliza, A., & Afdal, Z. (2022). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar Miftah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 14(2).
Creswell, J. W. (2020). Pengantar Penelitian Mix Methode. Pustaka Pelajar.
Hanurawan, & Fattah. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi. Raja Grafindo Persada.
Kleinknecht, M., & Schneider, J. (2013). Teaching and Teacher Education. International Journal of Research and Studies, 33, 13–23. https://doi.org/10.1016/j.tate.2013.02.002
Lestari, P. D. (2020). Pengembangan Asesmen Formatif Berbasis Komputer untuk Mengetahui Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Hukum Bernoulli. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 5(2), 106–112.
Maduretno, T. W. (2017). Tingkat Kemandirian Mahasiswa Pendidikan Sains Pada Konsep Diagram Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan, 3(85), 2.
Nugraha, I., Widodo, A., & Riandi. (2020). Refleksi Diri Dan Pengetahuan Pedagogi Konten Guru Biologi Smp Melalui Analisis Rekaman Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 10–26. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15317
Pulsande, A. S. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Dengan Lesson Study Berbasis Transcript Based Lesson Analysis Pada Materi Getaran Dan Gelombang. 2, 128–138.
Sari, N., Suryanti, K., Manurung, S. M., & Sintia, S. (2017). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Fisika Kelas XI MIPA 1 SMA Titian Teras Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(2), 110. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i2.1297
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Sumiati, E., Septian, D., & Faizah, F. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 75. https://doi.org/10.25273/jpfk.v4i2.2535
Susanti, N., Murzanita, M., & Lestari, N. (2021). Analisis Proses Pembelajaran IPA Pada Materi Cahaya Melalui Lesson Study Berbasis TBLA (Trancript Based Lesson Analysis) di Kelas VIII.2 SMP ISLAM Al-FALAH Kota Jambi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(2), 54. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i2.23779
Susetyarini, E., Wahyuni, S., & Latifa, R. (2021). Lesson study learning community melalui model transcript based learning analysis (TBLA) dalam pembelajaran IPA. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(2), 141–152. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i2.15083
Tresnaningsih, F., Santi, D. P. D., & Suminarsih, E. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iii Sdn Karang Jalak I Dalam Pembelajaran Tematik. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2), 51–59. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i2.2407
Vebrianto, R., Thahir, M., Putriani, Z., Mahartika, I., & Ilhami, A. (2020). Mixed Methods Research : Trends and Issues in Research Methodology. 1(1), 63–73.
Wahono, L., Yuli, E., Asmawati, S., & Suseno, N. (2021). Project Based Learning ( Pjbl ) dalam Proses Pembelajaran Daring pada Materi Hukum Bernoulli Menggunakan Botol Bekas. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2).
Yusro, A. C., & Sasono, M. (2016). Penggunaan Modul Ilustratif Berbasis Inkuiri Terbimbing Pokk Bahasan Kinematika Gerak Lurus Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemandirian Siswa Kelas VII SMPN 14 Madiun. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan, 2(1), 29–35

Downloads

Published

2024-02-16

How to Cite

Selvia, S., Susanti, N., Alrizal, A., & Khoiriyah, K. (2024). Identifikasi Kemandirian Belajar Siswa di Ma Nurul Islam Lumajang Pada Materi Fluida Dinamis Melalui Pengamatan Video Berbasis TBLA. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 34–47. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.6921

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.