Pengembangan Buku Pedoman Keislaman Kemandirian Peserta Didik di Sekolah Dasar

Authors

  • Ismail Marzuki Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4325

Keywords:

Hizbul Wathan; kemandirian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku saku Hizbul Wathan untuk pengembangan kemandirian peserta didik di Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jenis penelitiannya adalah penelitian pengembangan, dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Pada penelitian ini ada 4 tahap penelitian, yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Oleh karena keterbatasan anggaran pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan), tidak sampai pada tahap disseminate (penyebaran). Buku saku ini telah divalidasi oleh 4 orang validator dari dari sudut kepakaran yang berbeda dan hasilnya layak digunakan sebagai buku panduan dalam pembelajaran kepanduan Hizbul wathan.

References

Agung, I., Widiputera, F., & Widodo, W. (2019). The Effect of The use of Gadget on Psychosocial, Socio- Emotional, Self-Reliance, Responsibility, and Students Learning Results in Elementary School. Education Quarterly Reviews, 2(2). https://doi.org/10.31014/aior.1993.02.02.60
Aisyah, N., Akib, I., & Syamsuddin, A. (2020). Identifying The Influence Of Anxiety And Self- Reliance In Learning Towards Mathematics Learning Performance Of Elementary School’s Students Grade V. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(2), 3238–3242.
Budiman, N. (2006). Memahami Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional.
Dani, A. S., & Anwari, B. (2015). Buku Panduan Pramuka Siaga. Andi.
Dewantara, K. H. (1977). Bagian pertama pendidikan. Percetakan Taman Siswa.
Erikson, E. H. (1994). Identity and the life cycle. WW Norton & Company.
Fahyuni, E. F., & Arifin, M. B. U. B. (2021). Child-Friendly Through Hizbul Wathan in Indonesia Muhammadiyah School. Proceedings of the 1st Paris Van Java International Seminar on Health, Economics, Social Science and Humanities (PVJ-ISHESSH 2020), 535, 132–139. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210304.030
Fahyuni, E. F., Sekolah, P., Melalui, R. A., Kepanduan, G., Wathan, H., Membentuk, U., Kepemimpinan, K., Sd, S., Fauji, I., & Addaa’, N. (2020). Application of Child Friendly Schools Through the Hizbul Wathan Scouting Movement To Form Elementary Student Leadership Character. Halaqa: Islamic Education Journal, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.21070/halaqa.v4i1.171
Harun, M. (2012). Implementasi Kebijakan Kebangkitan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Di Kabupaten Gresik. University of Muhammadiyah Malang.
Hermawati, D., Rohaeni, A., & Nurhayati, S. (2021). Implementation Of The Student-Led Conference Method To Develop Children ’ S Self-Reliance. Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 10(2252), 73–79.
Sistem pendidikan nasional, (2003).
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Ar-Ruzz Media.
Masturi, S. (2016). Menjadi Orang Tua Bijak, 101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak. Elex Media Komputindo.
Megawangi, R. (2004). Pendidikan karakter solusi yang tepat untuk membangun bangsa. Indonesia Heritage Foundation.
Numri, M. (2015). Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Latihan Saya Bertanggungjawab. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(1), 48–53.
Rahayu, Y. S., Sarmini, & Martadi. (2020). Implementation of Character Education at Elementary School Level in Sulawesi, Indonesia. Proceedings of the Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2019), 447–457. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200515.077
Ratminingsih, N. M., Marhaeni, A. A. I. N., & Vigayanti, L. P. D. (2018). Self-Assessment: The effect on students’ independence and writing competence. International Journal of Instruction, 11(3), 277–290. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11320a
Rosyada, A., & AR, E. D. (2018). Fostering the Attitude of Nationalism Through Hizbul Wathan as the Extracurricular to Build Students Character. Proceedings of the Annual Civic Education Conference (ACEC 2018), 423–425. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.97
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453
Sumantri, M. S., & Rachmadtullah, R. (2016). The effect of learning media and self regulation to elementary students’ history learning outcome. Advanced Science Letters, 22(12), 4104–4108. https://doi.org/10.1166/asl.2016.8140
Tresnaningsih, F., Santi, D. P. D., & Suminarsih, E. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Kelas III SDN Karang Jalak I Dalam Pembelajaran Tematik. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i2.2407
Winarto, Khiyarusoleh, U., Ardiyansyah, A., Wilujeng, I., & Sukardiyono. (2018). Pocket book based on comic to improve conceptual understanding of Child Sex Abuse (CSA): A case study of elementary school. International Journal of Instruction, 11(4), 889–900. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11456a

Downloads

Published

2022-09-20

How to Cite

Marzuki, I. (2022). Pengembangan Buku Pedoman Keislaman Kemandirian Peserta Didik di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 111–119. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4325