PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PKN DI SD NEGERI 4 RANDUAGUNG

  • Eka Wahyuni Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ismail Marzuki Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan model Numbered Head Together pada peserta didik kelas II SD Negeri 4 Randuagung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan adanya kerja sama antara peneliti dan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Arikunto yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian terdapat sebanyak 44 peserta didik. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar dengan menggunakan instrument penelitian berupa lembar pretest, lembar observasi peserta didik dan lembar tes hasil belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hasil belajar peserta didik diukur dengan tes tulis yang diberikan pada akhir siklus. Aktivitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Numbered Head Together sudah mencapai keberhasilan dengan criteria baik. Hasil belajar peserta didik secara klasikal sudah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 83,72%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan bagi guru SD untuk menerapkan model Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar PKn.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 2, 2020
How to Cite
WAHYUNI, Eka; MARZUKI, Ismail. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PKN DI SD NEGERI 4 RANDUAGUNG. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 26, n. 1, p. 30-39, june 2020. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/1461>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v26i1.1461.
Section
Articles