Pengaruh Strategi Inkuiri Terhadap Pengurangan Miskonsepsi Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Duduksampeyan

Authors

  • Ismiatin Mafruhah
  • Sarwo Edy
  • Fatimatul Khikmiyah

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v24i1.103

Keywords:

pemahaman konsep, miskonsepsi, strategi pembelajaran inkuiri, Certainty of Response Index (CRI).

Abstract

Pemahaman konsep matematika di kelas VII SMP Negeri 1 Duduksampeyan pada materi bangun datar segiempat menunjukkan masih banyak peserta didik yang mengalami miskonsepsi. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengurangi dapat menggunakan strategi inkuiri, dimana peserta didik akan dihadapkan dengan konflik kognitif melalui proses tanya jawab yang dapat peserta didik olah melalui diskusi dalam kelompok kecil dengan bimbingan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi inkuiri berpengaruh terhadap pengurangan miskonsepsi peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Duduksampeyan pada materi bangun datar segiempat, dengan desain eksperimen posttest-only control design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 1 Duduksampeyan, sedangkan sampel adalah kelas VII G sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan strategi pembelajaran inkuiri dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan strategi pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan
adalah tes miskonsepsi menggunakan skala Certainty of Response Index (CRI). Analisis data menggunakan uji perbedaan dengan cara membandingkan hasil post test kelompok eksperimen dan kontrol, dengan ketetapan jika kelompok eksperimen lebih baik berarti strategi inqiury dapat mengurangi miskonsepsi peserta didik pada materi bangun datar segiempat. Dengan SPSS 16.0 didapati hasil analisis yang menunjukkan nilai P-value (sig) , berarti menerima hipotetsis penelitian, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap pengurangan miskonsepsi peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Duduksampeyan pada materi bangun datar segiempat.

Downloads

Published

2017-11-14

How to Cite

Mafruhah, I., Edy, S., & Khikmiyah, F. (2017). Pengaruh Strategi Inkuiri Terhadap Pengurangan Miskonsepsi Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Duduksampeyan. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 24(1), 43–50. https://doi.org/10.30587/didaktika.v24i1.103

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.