MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C’S ABAD 21 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING

Authors

  • Lutfiadi Lutfiadi SMKS Zainul Hasan Balung Jember, Indonesia
  • Irwani Zawawi Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i1.3711

Keywords:

4C's Skills, Guided Discovery, and Learning Outcomes

Abstract

Tujuan penelitian ini:  (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing, (2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan 4C’s peserta didik, (3) Mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik materi matriks di kelas XI SMKS Zainul Hasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dalam 3 siklus. Desain penelitian yang digunakan dalam pemecahan masalah adalah model sistem spiral refleksi dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi dan perencanaan kembali. Metode pengumpulan data adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi ketrampilan 4C’s dan lembar tes. Hasilnya adalah secara keseluruhan rata-rata aspek keterampilan 4C’s peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus III sebesar 14%. Masing-masing aspek keterampilan 4C’s mengalami peningkatan sebagai berikut: aspek keterampilan berpikir kritis  peserta didik dari siklus 1 sampai siklus 3 meningkat  sebesar 18%, aspek keterampilan berpikir kreatif meningkat sebesar 14 %, aspek keterampilan komunikasi meningkat sebesar 16% dan aspek keterampilan kolaborasi didik dari siklus 1 sampai siklus 3 meningkat  sebesar 11%. Hasil belajar peserta didik meningkat dari siklus I hingga siklus III dengan rata-rata kelas  sebesar 80,8. Ketuntasan klasikal peserta didik meningkat dari siklus I hingga siklus III mencapai 88%.

Downloads

Published

2022-02-11

How to Cite

Lutfiadi, L., & Zawawi, I. (2022). MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C’S ABAD 21 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(1), 54–69. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i1.3711

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.