Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kencong

  • Nidaan Chofiyyah Astari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Irwani Zawawi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Siti Rodhiyatul Janahi Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Minat merupakan alat motivasi yang utama yang dapat membangkitkan kegairahan belajar peserta didik dalam rentang waktu tertentu. Mayoritas peserta didik memiliki minat belajar yang masih tergolong rendah, terutama pada pembelajaran Matematika. Hal ini nampak dari hasil pengamatan peneliti dimana pada saat kegiatan pembelajaran banyak peserta didik hanya sekedar mengikuti pelajaran sebagai kewajiban tanpa menaruh minat di dalamnya. Salah satu penyebab rendahnya minat belajar ada pada metode pembelajaran yang kurang tepat. Metode pembelajaran yang dapat dicoba untuk meningkatkan minat belajar salah satunya melalui pembelajaran berdiferensiasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik melalui pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kencong pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi pembelajaran untuk melihat minat belajar peserta didik. Penelitian ini akan berhenti jika terdapat peningkatan terhadap minat belajar peserta didik minimal dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar peserta didik mencapai kategori tinggi pada siklus kedua sebesar 76%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 7, 2024
How to Cite
ASTARI, Nidaan Chofiyyah; ZAWAWI, Irwani; JANAHI, Siti Rodhiyatul. Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kencong. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 154-162, mar. 2024. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/7433>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7433.