PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KETERLIBATAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Nuraida Umamiyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Fatimatul Khikmiyah Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2.3612

Keywords:

Katakunci: Kemandirian Belajar, Keterlibatan Peserta Didik, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan keterlibatan peserta didik terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Anggota populasi dalam penelitian ini sebanyak 318 peserta didik UPT SMP Negeri 1 Gresik dan sampel yang digunakan sebanyak 177 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kemandirian belajar, kuesioner keterlibatan peserta didik, dan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif signifikan antara kemandirian belajar terhadap keterlibatan peserta didik, (2) terdapat pengaruh positif signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika, dan (3) terdapat pengaruh positif signifikan antara keterlibatan peserta didik terhadap hasil belajar matematika.

 

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Umamiyah, N., Fauziyah, N., & Khikmiyah, F. (2022). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KETERLIBATAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(1), 1–14. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2.3612

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.