PENGARUH PROGRAM LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME GRESIK

  • Fika Nuzulul Nur Faiza Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Mohammad Ahyan Yusuf Sya'bani Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program literasi sekolah terhadap minat baca peserta didik di SMP Muhammadiyah 7 Cerme Gresik. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 294 peserta didik. Sampel yang digunakan pada penelitian adalah sebanyak 30 peserta didik dengan penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Program literasi sekolah termasuk dalam kriteria “sangat baik” dengan persentase sebesar 78,3% dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 35,2667. 2) Minat baca peserta didik memiliki persentase sebesar 66,3 yang termasuk dalam kriteria “baik” dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 33,1333. 3). Ada pengaruh yang signifikan pada program literasi sekolah terhadap minat baca di SMP Muhammadiyah 7 Cerme Gresik. Hal ini berdasarkan hasil analisis t hitung sebesar 4,419 dan t tabel sebesar 2,048, maka t hitung > t tabel (4,419 > 2,048). Maka H0 ditolak dan H1 diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan pada program literasi sekolah terhadap minat baca.
Kata Kunci: literasi, minat baca

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 12, 2022
How to Cite
FAIZA, Fika Nuzulul Nur; SYA'BANI, Mohammad Ahyan Yusuf. PENGARUH PROGRAM LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME GRESIK. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 21, n. 2, p. 205-218, dec. 2022. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/4924>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v21i2.4924.