PELAKSANAAN PROGRAM PENDAMPINGAN TADARUS AL-QURAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 GRESIK
Abstract
Pelaksanaan program pendampingan tadarus Al-Quran merupakan suatu usaha pendampingan dan pemantauan terhadap kebiasaan yang memang sejak awal sudah harus dibiasakan oleh umat Islam dimanapun mereka berada. Pelaksanaan program pendampingan tadarus ini dilaksanakan dengan tujuan agar kegiatan tersebut berjalan sesuai dengan rencana. Tadarus Al-Quran merupakan suatu kegiatan membaca secara bersama-sama atau sendiri yang kemudian diadakan sedikit mengkaji makna isi kandungan yang ada di dalam Al-Quran itu sendiri. Al Qur’an merupakan rujukan utama umat Islam, sehingga untuk dapat mengintegrasikan nilai-nilai ke-Islaman, maka kemampuan memahami Al Qur’an menjadi hal utama dan sangat penting. Hal ini tentu berdampak pada integrasi keilmuan Islam yang kurang optimal pada siswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Alur analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan tadarus Al-Quran maka secara tidak langsung siswa di Madrasah Aliyah dapat memperoleh ketenangan jiwa.
Kata Kunci: Program; Pendampingan; Tadarus; Al-Quran
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.