STRATEGI PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ERA REVOLUSI 4.0
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah pengasuh pesantren, ustazah, serta pengurus pesantren, serta para santri di pondok pesantren Mamba’us Sholihin Roudlotul Muta’allimin. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi Pembelajaran yang di terapkan di Pondok pesantren Mamba’us Sholihin Roudlotul Muta’allimin meliputi: Tidak membatasi santri dalam mengikuti kegiatan diluar pondok seperti halnya kegiatan sekolah akan tetapi masih dalam pengawasan pesantren, Mengadakan musyawarah rutinan antar pengasuh, pengurus dengan santri, Tidak diperbolehkan membawa gadget, Selalu memberi motivasi terhadap santri, Mendisiplinkan tata tertib dan peraturan pesantren, Meningkatkan sarana dan prasarana pesantren.(2) Tantangan yang di hadapi pesantren dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 antara lain: teknologi yang semakin canggih, sarana prasaran kurang memadai, tantangan eksternal, tantangan internal
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.