MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS PESANTREN DI SMP MUHAMMADIYAH JONO BAYAN PURWOREJO
Abstract
Manajemen kurikulum berbasis pesantren adalah memasukkan kurikulum pesantren
ke sekolah formal, sehingga tampak perbedaan yang signifikan, oleh karena itu penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui: perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi kurikulum
berbasis pesantren di SMP Muhammadiyah Jono. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah
menggunakan purposive sampling, data diperoleh dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Kemudian setelah pengumpulan data selesai, dilanjutkan dengan reduksi data
sajian dat dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan
kurikulum berbasis pesantren di SMP Muhammadiyah Jono dilaksanakan setiap menjelang
tahun ajaran baru. Perencanaan kurikulum melibatkan seluruh stakeholder sekolah dan
pesantren. 2) Pelaksanaan kurikulum sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam
mengajar. Maka sebagian besar asatidz pesantren juga mengajar di SMP Muhammadiyah Jono
supaya pembelajaran model pesantren dapat dilaksanakan dengan optimal dan baik. 3)
Pengawasan kurikulum menjadi tanggung jawab kepala sekolah dan wakil kepala bidang
kurikulum. 4) Evaluasi kurikulum menjadi tanggung jawab semua guru, sesuai dengan jangka
waktu yang telah ditentukan dan direncanakan sebelumnya.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.