UPAYA MADRASAH DALAM MENERAPKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

  • Subhan Adi Santoso Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Paciran Lamongan

Abstract

Pendidikan merupakan kunci bagi suatu bangsa untuk mempertahankan eksistensinya dimana peningkatan kecakapan dan kemampuan diyakini sebagai faktor untuk bisa menyiapkan masa depan yang siap bersaing dengan bangsa lain. Disamping itu pula pendidikan juga memiliki peran sentral bagi upaya pengembangan sumber daya manusia, yang mana peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai visi terwujudnya sistem pendidikan nasional. Salah satu usaha pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan diadakannya otonomi pendidikan dengan model Manajemen Berbasis Sekolah, yang mana Manajemen Berbasis Sekolah merupakan penawaran agar sekolah dapat leluasa mengelola sumber daya sekolah dengan mengalokasikannya sesuai dengan prioritas kebutuhan, dan agar lebih tanggap terhadap kebutuhan lingkungan setempat, disamping itu pula Manajemen Berbasis Sekolah juga mendorong sekolah untuk dapat lebih meningkatkan partisipatif yang melibatkan secara langsung semua warga sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional.
menerapkan manajemen berbasis sekolah dalam meninkatkan mutu pendidikan
Madrasah Tsanawiyah Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan observasi lapangan. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi dari sekolah. Teknik analisis data yang digunakan sebagai bahan pembelajaran adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam upaya menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah yaitu dengan a). Berusaha mengefektifkan dan meningkatkan tiga ranah yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan cara memberikan ulangan harian, memberikan praktek, dan memotivasi anak didik dalam mengikuti proses pembelajaran, b). Meningkatkan sikap kepedulian, sikap disiplin kerja, dan sikap keteladanan, c). Meningkatkan ilmu pengetahuan umum atau tehnologi dan ilmu pengetahuan Agama, d). Membuat rencana program pembelajaran baik itu jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, e). Memberikan informasi yang jelas terkait dengan proses belajar mengajar, f). Melakukan analisis situasi baik di dalam kelas maupun di luar kelas
Keywords: Upaya, Madrasah, Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 12, 2023
How to Cite
SANTOSO, Subhan Adi. UPAYA MADRASAH DALAM MENERAPKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 076-084, july 2023. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/6361>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v24i2.6361.