PERAN GURU PENDISIPLINAN KELAS TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD MUHAMMADIYAH GRESIK

Authors

  • Subhan Adi Santoso Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.30587/tamaddun.v25i2.8149

Keywords:

Peran Guru, Disiplin Kelas, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Apa peran guru dalam menciptakan disiplin kelas di SD Muhammadiyah Gresik, (2) Apa prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah Gresik, (3) Adakah korelasi antara peranan guru dalam menyiptakan disiplin kelas dengan prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah Gresik. Penelitian ini menggunakan metode antara lain: populasi, sampel, sumber data, metode pengumpulan data dan juga tehnik analisis data. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat empat peran yang harus dilakukan oleh seorang guru pendisiplin kelas, yaitu guru sebagai pelaksana pertama tata tertib, guru sebagai pengarah siswa dalam melaksanakan segala aturan sekolah, guru sebagai pengawas siswa dalam melaksanakan segala aturan sekolah dan guru memberikan hadiah dan hukuman kepada para siswa. Prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah Gresik menunjukkan nilai yang cukup. Ada korelasi antara peranan guru dalam menciptakan  disiplin kelas terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di SD Muhammadiyah Gresik dan korelasi yang ditunjukkan tergolong korelasi yang cukup dengan nilai skor 0,698.

Kata kunci: Peran Guru, Disiplin Kelas, Prestasi Belajar Siswa

Published

2024-07-24

How to Cite

Santoso, S. A. (2024). PERAN GURU PENDISIPLINAN KELAS TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD MUHAMMADIYAH GRESIK. Tamaddun, 25(2), 015–023. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v25i2.8149

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.