Pembelajaran Pendidikan Al Islam pada Sekolah Inklusi Berbasis Kurikulum Merdeka di Kelas 7 SMP Muhammadiyah 4 Kebomas

  • Dimas Hasbi Assiddiqi UMM

Abstract

Pendidikan Al Islam sebagai pondasi atas segala keilmuan dalam pembentukan karakter bangsa terutama pada siswa sekolah berlabel agama Islam. Dalam hal imi tidak lepas dari pendidikan Al Islam bagi siswa inklusi di sekolah menengah pertama (SMP). Peneiitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pembelajaran pendidikan Al Islam pada sekolah inklusi berbasis kurikulum merdeka di kelas 7 SMP Muhammadiyah 4 Kebomas dan menganalisis konsep pembelajaran pendidikan Al Islam pada sekolah inklusi berbasis kurikulum merdeka di kelas 7 SMP Muhammadiyah 4 Kebomas. Kmai merangkai penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan documenter. Pada penilitian ini kami menggunakan teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman and Saldana yang terdiri dari tiga tahap yaitu data condentation, data display, and conclusions. Temuan dalam penelitian ini adalah pendidikan inklusi tidak menghalagi pendidikan Al Islam untuk diajarkan pada siswa inklusi, pada penerapan pendidikan Al Islam ada hal yang harus disesuaikan dengan kemampuan dari siswa inklusi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 7, 2025
How to Cite
ASSIDDIQI, Dimas Hasbi. Pembelajaran Pendidikan Al Islam pada Sekolah Inklusi Berbasis Kurikulum Merdeka di Kelas 7 SMP Muhammadiyah 4 Kebomas. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 26, n. 1, p. 001-015, jan. 2025. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/9226>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v26i1.9226.