PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN NILAI

  • Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani

Abstract

Salah satu komponen yang sering dijadikan faktor penyebab menurunnya mutu
pendidikan adalah kurikulum. Kritikan cukup tajam terhadap kurikulum antara lain; kurikulum
terlalu padat, tidak sesuai dengan kebutuhan anak, terlalu memberatkan anak, merepotkan guru dan sebaginya. Oleh karena itu akan banyak dilakukan inovasi dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI), salah satunya melalui penerapan kurikulum berbasis kompetensi Pengembangan kurikulum (curriculum development) merupakan komponen yang sangat esensial dalam keseluruhan kegiatan pendidikan. Penelitian ini bertujuan menemukan format kurikulum bagi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang lebih bisa memberikan nilai bagi peserta didik dalam suatu pendidikan sehingga pembelajaran tidak hanya berkesan sebagai transfer of knowledge saja. Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa bentuk pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam yang relevan bagi pembelajaran agama
adalah kurikulum yang dalam tiap mata pelajarannya dimasukkan beberapa nilai moral yang
hendak dicapai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 28, 2018
How to Cite
SYA’BANI, Mohammad Ahyan Yusuf. PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN NILAI. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 101-113, nov. 2018. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/699>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.699.