SISTEM PENDIDIKAN SALAFIYAH DI PONDOK PESANTREN AS-SHOLICHIYAH MOJOKERTO PADA ERA MODERN

  • Astria Febrianti Kusuma Wardani Universitas Islam Majapahit Mojokerto
  • Erlin Priscila Ariyani Universitas Islam Majapahit Mojokerto
  • Ernaningsih Ernaningsih Universitas Islam Majapahit Mojokerto

Abstract

Sistem pembelajaran Salafiyah di era modern hampir sama dengan sistem
pembelajaran salaf tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pendidikan
Salafiyah pada era modern dan mengetahui metode pembelajaran Salafiyah yang diaplikasikan
di era modern agar tidak mengalami kemunduran. Kami menggunakan metode kualitatif
lapangan dalam menulis artikel penelitian ini. Metode ini berguna untuk mendeskripsikan
sistem pendidikan Salafiyah di era modern dan metode pembelajaran Salafiyah di era modern
agar tidak mengalami kemunduran. Salafiyah adalah paham suatu golongan yang berpegang
teguh kepada bunyi teks harfiah Al-Qur’an dalam masalah akidah. Dalam sistem pembelajaran
salaf ada dua model pembelajaran yaitu model weton dan sorogan. Selain sistem itu terdapat
metode pembelajaran salaf yang menggunakan pola musyawarah. Hal yang dapat dilakukan
pondok pesantren salafi agar tidak mengalami kemunduran salah satunya yaitu dengan
pelaksanaan peningkatan kualitas santri yaitu dengan mengembangkan potensi santri melalui
proses seleksi dengan pengalaman dan latar belakang para santri. Program unggulan yang ada
di pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah As-Sholichiyah Mojokerto yaitu tahfiz untuk yang
mempunyai keinginan menghafal al-Qur’an dan program bisa baca kitab kuning, sehingga para
santri diharapkan agar bersungguh-sungguh mencari ilmu di pondok ini supaya ilmunya berkah
dan bermanfaat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 1, 2021
How to Cite
WARDANI, Astria Febrianti Kusuma; ARIYANI, Erlin Priscila; ERNANINGSIH, Ernaningsih. SISTEM PENDIDIKAN SALAFIYAH DI PONDOK PESANTREN AS-SHOLICHIYAH MOJOKERTO PADA ERA MODERN. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 22, n. 2, p. 89-101, july 2021. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/3603>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v22i2.3603.