OPTIMALISASI PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI KELAS X SMK ISLAMIC QON GRESIK
Abstract
Permasalahan yang akan diangkat pada penelitian ini adalah (a) penerapan
Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Agama Islam di SMK Islamic Qon Gresik, dan
(b) Upaya Optimalisasi Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Agama Islam
pada Era Pandemi Covid-19 di SMK Islamic Qon Gresik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif dengan menggunakan pendekatan deduktif-induktif. Penelitian ini adalah penelitian
populasi yakni semua Guru Agama Islam dan kepala madrasah, metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, angket, interviu dan dokumenter, sedangkan untuk menganalisis
data digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dalam penerapan Kurikulum
Berbasis Kompetensi PAI selalu mempersiapkan terlebih dahulu yang akan diberikan pada
siswa, baik itu berkaitan dengan silabus, perangkat pembelajaran, media, penguasaan materi,
buku catatan (pribadi) bahkan performa seorang Guru juga penting, selain Guru selalu memakai
bermacam metode pembelajaran yang diselingi dengan hal-hal yang menyenangkan agar tidak
jenuh, segala upaya untuk memaksimalkan penerapan kurikulum berbasis kompetensi PAI
dilakukan Guru Agama sehingga siswa lebih mandiri dan tidak tergantung pada Guru, dan siswa
semakin kreatif mencari problem solving atau bahan-bahan materi yang ada di luar sekolah.
Usaha yang dilakukan untuk optimalisasi kurikulum berbasis kompetensi PAI yakni (a)
Penyediaan sarana dan prasarana, (b) Menciptakan pengawasan dan kedisiplinan, (c) MGMP,
dan (d) Training untuk peningkatan kualitas Guru.
Kata Kunci : kurikulum berbasis kompetensi, pendidikan agama islam.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.