PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN SEKOLAH BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PERSPEKTIF MUNIF CHATIB
Abstract
Perkembangan zaman telah menjadikan manusia mengalami banyak perubahan dalam kehidupanya, khususnya pendidikan. Kesiapan akan tuntutan perkembangan zaman memberi tuntutan untuk dapat cepat mengikuti perubahan yang ada atau memilih menjadi penonton bahkan menjadi korban. Perubahan yang dapat dilakukan untuk dapat bangkit melawan ketertinggalan ialah dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Karena tanpa pendidikan manusia tidak dapat mengetahui hal-hal baru serta mengembangkan potensi yang dimilikinya. Kebutuhan atau keinginkan manusia tidak akan bisa lepas dari peran pendidikan, khususnya sekolah karena merupakan instrumen bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan dasar hidupnya, yaitu pendidikan. Tuntutan kualitas sumber daya manusia sangatlah dibutuhkan agar manusia mampu bersaing dengan baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, dirumuskan masalah yaitu Bagaimana peran pendidikan islam sebagai upaya membangun sekolah berbasis multiple intelligeces perspektif Munif Chatib. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Studi Kepustakaan yang mengunakan objek-objek material kajian pustaka yang bersumber dari buku Sekolahnya Manusia : Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia karya Munif Chatib. Sumber sekundernya mengambil dari buku, jurnal, artikel dan lainya. Adapun teknik analisis data mengunakan deskriptif dan analisis isi. Hasil penelitian menujukkan bahwa Pendidikan Islam adalah sebagai upaya untuk Membangun Sekolah berbasis Multiple Intelligences, karena sekolah dan pendidikan adalah alat atau instrumen guna membangun manusia-manusia yang berkualitas.
Keywords: Pendidikan Islam, Sekolah, Multiple intelligences
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.