NILAI-NILAI RELATIVITAS DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH PAESAN “PROGRAM KHUSUS KEDUNGWUNI PEKALONGAN

  • admin admin
  • Hermawan hermawan

Abstract

Nilai-nilai dalam masyarakat meliputi apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk. Namun sejatinya, kebenaran dari nilai tersebut bersifat relative. Teori relativitas Eintein membuktikan kepada kita bahwa segala sesuatu itu mempunyai nilai yang relative tergantung dari sudut mana orang memandang. Termasuk dalam masalah biaya pendidikan yang mahal bagi sekolah yang berkualitas di masta masyarakat.


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai relativitas dalam konsep pendidikan Islam di SD Muhammadiyah Paesan “Program Khusus” Kedungwuni tahun pelajaran 2016-2017. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, Sedangkan metode penentuan subyek menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data, dengan mereduksi data, kategorisasi data, sintesisasi data dan penarikan kesimpulan.


Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai-nilai relativitas di SD Muhammadiyah Paesan “Program Khusus” adalah adanya hubungan antara kualitas pelayanan dan jasa yang diberikan dengan banyaknya dana pendidikan yang harus dibayarkan. Dari sinilah dapat diakatakan bahwa mahal sebenarnya merupakan hal yang relative bagi setiap orang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 13, 2017
How to Cite
ADMIN, admin; HERMAWAN, Hermawan. NILAI-NILAI RELATIVITAS DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH PAESAN “PROGRAM KHUSUS KEDUNGWUNI PEKALONGAN. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 18, n. 2, p. 1-19, nov. 2017. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/89>. Date accessed: 05 may 2024.