PEMAHAMAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK TERHADAP MATA KULIAH AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2016/2017

  • admin admin
  • Noor Amirudin

Abstract

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods research yaitu penggunaan pendekatan baik kuantitatif maupun kualitatif. Sedangkan sampel penelitian dan informan penelitian adalah 145 mahasiswa diambil dari 5 program studi (prodi manajemen, pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris, pendidikan guru sekolah dasar, dan teknik elektro), dan 6 orang dosen yang mengajar mata kuliah al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Adapun teKnik pengumpulan data yaitu; teknik observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Sedangkan analisis data diolah melalui 2 cara, pengolahan data kuantitatif menggunakan statistic deskriptif kualitatif. Adapun pengolahan data kualitatif dianalisis melalui tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/penarikan kesimpulan dan digunakan untuk mendapatkan jawaban yang bersifat deskriptif berdasarkan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan: Pertama, pemahaman mahasiswa universitas muhammadiyah gresik terhadap mata kuliah al-Islam dan kemuhammadiyahan yang memiliki skor tes pemahaman terhadap mata kuliah  tersebut yang menjawab soal tes dan termasuk dalam kategori rendah yaitu mulai dari 59-0 atau dengan nilai C sebanyak 4 orang mahasiswa (5%), sebanyak 10 orang mahasiswa (10%) dalam kategori sedang yaitu mulai dari 79-60 atau dengan nilai B, sedangkan 131 orang (85%) dalam kategori tinggi yaitu mulai dari 80-100 atau dengan nilai A. Dengan demikian, pemahaman mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik terhadap mata kuliah al-Islam dan Kemuhammadiyahan secara keseluruhan pemahaman mahasiswa baik. Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik terhadap mata kuliah al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang menjadi faktor pendukung meliputi metode pembelajaran, sarana dan prasarana yang memadai serta media pembelajaran. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat meliputi alokasi waktu, situasi kelas dan kemampuan yang tidak sama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 13, 2017
How to Cite
ADMIN, admin; AMIRUDIN, Noor. PEMAHAMAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK TERHADAP MATA KULIAH AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2016/2017. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 18, n. 2, p. 1-16, nov. 2017. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/94>. Date accessed: 23 nov. 2024.