IMPLEMENTASI NILAI–NILAI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AL-ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GRESIK
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masalah korupsi menjadi satu problem kronis bangsa yang saat ini sedang membutuhkan upaya penyelesaian secara mendesak. Mengatasi hal tersebut, pendidikan ditempatkan pada posisi yang strategis. Pendidikan melalui pembelajaran adalah wahana penanaman nilai-nilai kehidupan manusia sebagai makhluk berakhlak dan bermoral, tetapi kenyataanya banyak sekali fenomena yang sangat bertolak belakang dengan akhlak dan moral yang baik. Seperti pelaku korupsi banyak yang berasal dari basic agama yang kuat. Fenomena tersebut yang menjadi permasalahan pada penilitian ini, bagaimana bentuk integrasi pendidikan antikorupsi dalam kurikulum Pendidikan Al-Islam di SMP Muhammadiyah 1 Gresik, bagaimana implementasinya dalam pembelajaran, apa kendala yang dihadapi dan saran dari implementasi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan antikorupsi yang terkandung dalam kurikulum Al-Islam, untuk mengetahui implementasi pendidikan antikorupsi dalam pendidikan Al-Islam dan untuk mengetahui kendala dan solusi dari implementasi pendidikan antikorupsi dalam pendidikan Al-Islam di SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang Al-Islam, guru studi pendidikan Al-Islam dan peseta didik kelas VII C yang terdiri dari 29 siswa, dan sampel yang digunakan sebagai subjek penelitian sebanyak 5 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari situlah ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: nilai-nilai pendidikan antikorupsi yang terkandung dalam kurikulum Pendidikan Al-Islam di SMP Muhammadiyah 1 Gresik adalah kejujuran, kedisiplinan, dan kerja keras. Implementasi pendidikan antikorupsi dalam pembelajaran dilakukan dengan menekan nilai-nilai tersebut ketika menjelaskan muatan Pendidikan Al-Islam, memberikan wawasan terkait materi-materi antikorupsi kepada peserta didik di sela-sela materi pembelajaran sebagai pengantar yang bersifat hidden curriculum (kurikulum tersembunyi), sehingga termasuk di dalamnya adalah nilai keteladanan, sikap dan pembiasaan. Kendala dalam penelitian ini yakni cara menertibkan dan memahamkan peserta didik secara keseluruhan tentang pembelajaran yang diajarkan dan solusinya guru harus memahamkan berkali-kali dan berulang-ulang. Dan menyadarkan peserta didik yang bandel di kelas, karena menyepelekan pelajaran.