PEMIKIRAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS TENTANG PENDIDIKAN ISLAM

  • admin admin
  • Mohammad Ahyan Yusuf S.

Abstract

Konsep pendidikan Islam memang tiada henti untuk dirumuskan mengingat zaman  yang selalu berubah. Sehingga pemikiran seorang tokoh perlu dikaitkan dengan konsep pendidikan Islam agar kontekstual terhadap suatu masa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hakikat pendidikan Islam dan pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas tentang pendidikan Islam dengan jenis penelitian yaitu penelitian kepustakaan dengan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dalam usaha untuk mengungkap pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas tentang pendidikan Islam sebagaimana adanya. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik dengan sumber data primer berupa karya-karya Syed Muhammad Naquib al-Attas dan sumber data sekunder berasal dari jurnal, buku, artikel, makalah dan hasil-hasil penelitian lainnya yang relevan dengan fokus  penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi berbagai literatur yang selanjutnya dianalisis dengan berbagai langkah yaitu: deskripsi, interpretasi dan koherensi intern. Hasil penelitian ini adalah (1) bahwa hakikat pendidikan Islam itu membimbing pengembangan potensi diri manusia yang berlandaskan nilai-nilai Islam yang bersumber kepada al-Qur`an, hadis dan ijtihad. (2) pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas tentang pendidikan Islam yaitu mendefinisikan pendidikan Islam identik dengan makna substantif dari kata , karena di dalam bermakna adanya suatu pengajaran, pengetahuan,  pengasuhan, dan pendidikan; merumuskan suatu tujuan pendidikan Islam untuk membentuk dan menghasilkan manusia-manusia yang baik; merumuskan kurikulum pendidikan Islam yang seharusnya menggambarkan manusia dan hakikatnya; dan memberikan dua model metode pendidikan Islam yakni metode tauhid dan metode metafora serta cerita.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 4, 2017
How to Cite
ADMIN, admin; YUSUF S., Mohammad Ahyan. PEMIKIRAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS TENTANG PENDIDIKAN ISLAM. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], p. 1-29, nov. 2017. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/65>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.65.
Section
Articles