KONSEP MANUSIA SEUTUHNYA DALAM BUKU PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM KARYA H. MASDUKI DURYAT
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih manusia
lupa hakikat dirinya sebagai khalifah di muka bumi ini dan tujuan dirinya diciptakan. Cara
untuk mengetahui mengapa manusia menjadi khalifah dan tujuan dirinya diciptakan adalah
dengan mengkaji bagaimana konsep manusia seutuhnya dalam buku Paradigma Pendidikan
Islam (Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di Institusi yang Bermutu dan Berdaya
Saing) karya Dr. H. Masduki Duryat, M.Pd.I. Penelitian ini merupakan jenis penelitian literatur
yang dilaksanakan menggunakan metode riset perpustakaan (library research). Jenis penelitian
ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
buku Paradigma Pendidikan Islam (Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di Institusi yang
Bermutu dan Berdaya Saing) karya Dr. H. Masduki Duryat, M.Pd.I (primer) dan buku-buku
yang relevan dengan penelitian ini. Metode analisisnya menggunakan analisis deskriptif dan
analisis isi. Berdasarkan penelitian pustaka yang telah dilakukan teladan akhlak bagi muslimah
yang terkandung dalam buku Paradigma Pendidikan Islam (Upaya Penguatan Pendidikan
Agama Islam di Institusi yang Bermutu dan Berdaya Saing) dapat disimpulkan perlunya
mengetahui dasar yaitu (meliputi: al-Qur’an, Hadits, dan ijtihad), tujuan (menjadi khalifah di
muka bumi ini sebagaimana mestinya dan menjadi manusia yang bahagia di dunia maupun di
akhirat), aspek (meliputi: tauhid, akhlak dan ilmu pengetahuan, fisik, dan akal). Namun ada
beberapa aspek yang lain yang saling keterkaitan, dan tanggung jawab (meliputi: orang tua,
guru, dan masyarakat) pendidikan Islam.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.