FUNGSI SMARTPHONE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MUHAMMADIYAH 3 UJUNGPANGKAH

  • M. Alfin Baihaqi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Hasan Basri Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Abstrak
Teknologi dalam era globalisasi yang serba modern dan canggih ini merupakan sebuah jembatan agar dunia pendidikan memanfaatkan teknologi untuk menunjang kemajuan sebuah pendidikan, apalagi smartphone yang hampir semua kalangan memiliki dan penggunaannya cukup praktis sehingga perlu dibahas lebih dalam lagi, fitur dan aplikasi yang sangat menarik dapat mengurangi rasa jenuh dan bosan ketika proses pembelajaran.Kurang bijak jika sekolah mengambil keputusan dan peraturan untuk melarang siswanya membawa smartphone kesekolah, sementara sekolah senantiasa dituntut mengikuti perkembangan teknologi dan informasi. Maka dari itu perlu adanya penggunaan fungsi smartphone dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi smartphone sebagai sumber belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah 3 Ujungpangkah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi secara komprehensif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa MTs Muhammadiyah 3 Ujungpangkah menerapkan penggunaan fungsi smartphone dengan baik, dengan adanya smartphone ini membuat guru lebih inovatif dan kreatif mulai dari mempermudah proses pembelajaran,mempermudah mencari referensi sumber belajar Sejarah Kebudayaan Islam serta adanya media baru dalam pembelajaran, sedangkan bagi siswa mencari sumber belajar serta mengurangi kejenuhan dan kemalasan siswa dalam memahami materi Sejarah Kebudayaan Islam.
Kata Kunci : Pembelajaran, Sejarah kebudayaan Islam, Smartphone

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 18, 2023
How to Cite
BAIHAQI, M. Alfin; BASRI, Hasan. FUNGSI SMARTPHONE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MUHAMMADIYAH 3 UJUNGPANGKAH. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 24, n. 1, p. 034-038, jan. 2023. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/5890>. Date accessed: 18 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v24i1.5890.