IMPLEMENTASI BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DENGAN METODE TAJDIED SISWA PADA TINGKATAN DASAR SMP MUHAMMADIYAH 04 KEBOMAS

Authors

  • Hasan Basri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Chasanah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/tamaddun.v24i2.6363

Keywords:

Baca, Tulis, Al-Qur’an, Metode, Tajdied

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaran malaikat jibril sebagai pedoman kehidupan sehari-hari umat manusia. Mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an wajib untuk semua kalangan masyarakat mulai dari usia dini sampai lensia. Kemampuan mempelajari Al-Qur’an merupakan awal untuk setiap umat islam untuk menguasai Al-Qur’an. Dengan diadakan program baca tulis Al- Qur’an maka dengan mudah masyarakat mempelajari dan membaca Al-Qur’an. di SMP Muhamadiyah 04 kebomas salah satu lembaga yang mengadakan program baca tulis Al- Qur’an dengan menggunakan metode tajdied. Dengan metode tersebut sangat memudahkan siswa dan guru dalam proses pengajaran Al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana implementasi baca tulis Al-Qur’an dengan metode tajdied siswa pada tingkatan dasar di SMP muhamadiyah 04 Kebomas ? adapun tujuan ini untuk mengetahui implementasi baca tulis Al- Qur’an dengan metode tajdied siswa pada tingkatan dasar di SMP muhammadiyah 04 Kebomas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan abservasi, wawancara dan dokumentasi.
Keywords: Baca; Tulis; Al-Qur’an; Metode; Tajdied

Downloads

Published

2023-07-15

How to Cite

Basri, H., & Chasanah, N. (2023). IMPLEMENTASI BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DENGAN METODE TAJDIED SISWA PADA TINGKATAN DASAR SMP MUHAMMADIYAH 04 KEBOMAS. Tamaddun, 24(2), 091–096. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v24i2.6363

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.