IMPLEMENTASI BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DENGAN METODE TAJDIED SISWA PADA TINGKATAN DASAR SMP MUHAMMADIYAH 04 KEBOMAS

  • Hasan Basri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Chasanah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaran malaikat jibril sebagai pedoman kehidupan sehari-hari umat manusia. Mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an wajib untuk semua kalangan masyarakat mulai dari usia dini sampai lensia. Kemampuan mempelajari Al-Qur’an merupakan awal untuk setiap umat islam untuk menguasai Al-Qur’an. Dengan diadakan program baca tulis Al- Qur’an maka dengan mudah masyarakat mempelajari dan membaca Al-Qur’an. di SMP Muhamadiyah 04 kebomas salah satu lembaga yang mengadakan program baca tulis Al- Qur’an dengan menggunakan metode tajdied. Dengan metode tersebut sangat memudahkan siswa dan guru dalam proses pengajaran Al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana implementasi baca tulis Al-Qur’an dengan metode tajdied siswa pada tingkatan dasar di SMP muhamadiyah 04 Kebomas ? adapun tujuan ini untuk mengetahui implementasi baca tulis Al- Qur’an dengan metode tajdied siswa pada tingkatan dasar di SMP muhammadiyah 04 Kebomas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan abservasi, wawancara dan dokumentasi.
Keywords: Baca; Tulis; Al-Qur’an; Metode; Tajdied

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 15, 2023
How to Cite
BASRI, Hasan; CHASANAH, Nur. IMPLEMENTASI BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DENGAN METODE TAJDIED SISWA PADA TINGKATAN DASAR SMP MUHAMMADIYAH 04 KEBOMAS. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 091-096, july 2023. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/6363>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v24i2.6363.