KONSEP PENDIDIKAN AKIDAH MENURUT BUYA HAMKA DALAM BUKU PELAJARAN AGAMA ISLAM

  • Hasan Basri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Egie Febriyota Yudhi Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan umat mengenai akidah, pendidikan agama Islam belum mampu memberikan produk terbaiknya dalam mencetak generasi Islami yang berpegang pada Tauhid. Pembinaan akidah yang belum menyeluruh dan penerapan yang dirasa kurang, mengakibatkan lemahnya produk pendidikan. Penelitian ini berusaha untuk mengidentifikasi konsep pendidikan akidah menurut buya hamka dalam buku pelajaran agama Islam dan relevansinya terhadap pendidikan agama Islam saat ini.Jenis penelitian yang digunakan ialah peneltian kepustakaan (Library Research) dan menggunakan metode pengumpulan data dengan menganalisis terhadap sumber utama penelitian yaitu buku Pelajaran Agama Islam karya Buya Hamka dan juga sumber sekunder yang lainnya seperti artikel dan jurnal ilmiah yang memiliki kesamaan dengan tema penelitian. Hasil penelitian diperoleh bahwa Buya Hamka menjelaskan konsep-konsep pendidikan akidah menurutnya yang telah terbagi sesuai dengan rukun Iman. Konsep pendidikan akidah menurut Buya Hamka terbagi menjadi enam pokok dasar kepercayaan: 1)Percaya kepada Allah SWT. 2)Percaya kepada Ghaib (malaikat). 3)Percaya kepada Kitab-kitab. 4)Percaya kepada nabi dan rasul. 5)Percaya kepada Hari Akhir. 6)Percaya kepada Qadha dan Qadar. Pemikiran pendidikan akidah Buya Hamka juga telah sejalan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia yaitu pada materi pelajaran agama Islam yang mengajarkan rukum iman dengan penanaman rasa percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui segala alam ciptaan-Nya.
Keywords: Akidah, Buya Hamka,Islam, Pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 31, 2024
How to Cite
BASRI, Hasan; YUDHI, Egie Febriyota. KONSEP PENDIDIKAN AKIDAH MENURUT BUYA HAMKA DALAM BUKU PELAJARAN AGAMA ISLAM. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 25, n. 1, p. 029-038, jan. 2024. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/7338>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v25i1.7338.