KONSEP PENDIDIKAN AKIDAH MENURUT BUYA HAMKA DALAM BUKU PELAJARAN AGAMA ISLAM
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan umat mengenai akidah, pendidikan agama Islam belum mampu memberikan produk terbaiknya dalam mencetak generasi Islami yang berpegang pada Tauhid. Pembinaan akidah yang belum menyeluruh dan penerapan yang dirasa kurang, mengakibatkan lemahnya produk pendidikan. Penelitian ini berusaha untuk mengidentifikasi konsep pendidikan akidah menurut buya hamka dalam buku pelajaran agama Islam dan relevansinya terhadap pendidikan agama Islam saat ini.Jenis penelitian yang digunakan ialah peneltian kepustakaan (Library Research) dan menggunakan metode pengumpulan data dengan menganalisis terhadap sumber utama penelitian yaitu buku Pelajaran Agama Islam karya Buya Hamka dan juga sumber sekunder yang lainnya seperti artikel dan jurnal ilmiah yang memiliki kesamaan dengan tema penelitian. Hasil penelitian diperoleh bahwa Buya Hamka menjelaskan konsep-konsep pendidikan akidah menurutnya yang telah terbagi sesuai dengan rukun Iman. Konsep pendidikan akidah menurut Buya Hamka terbagi menjadi enam pokok dasar kepercayaan: 1)Percaya kepada Allah SWT. 2)Percaya kepada Ghaib (malaikat). 3)Percaya kepada Kitab-kitab. 4)Percaya kepada nabi dan rasul. 5)Percaya kepada Hari Akhir. 6)Percaya kepada Qadha dan Qadar. Pemikiran pendidikan akidah Buya Hamka juga telah sejalan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia yaitu pada materi pelajaran agama Islam yang mengajarkan rukum iman dengan penanaman rasa percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui segala alam ciptaan-Nya.
Keywords: Akidah, Buya Hamka,Islam, Pendidikan
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.